alexametrics
34 C
Surabaya
Friday, October 22, 2021

Kota Lama

Ereveld Kembang Kuning, Surabaya, Pemakaman Indah Bak di Luar Negeri

SURABAYA - Ereveld Kembang Kuning merupakan satu dari beberapa makam kehormatan Belanda yang ada di Indonesia. Makam ini dikelola oleh Yayasan Makam Kehormatan Belanda atau Oorlogsgravenstichting (OGS) di bawah pengawasan Kedutaan Besar Belanda dan pemerintah Belanda.

Gelora 10 Nopember Surabaya Sudah Ada Sejak 1920-an

SURABAYA - Gelora 10 Nopember Surabaya merupakan stadion sepak bola legendaris di Kota Pahlawan. Stadion yang berada di Jalan Tambaksari ini awalnya adalah lapangan Tambaksari. 

Meneer A. Meyroos, Wali Kota Pertama Surabaya Sejak 21 Agustus 1916

SURABAYA - Berdasarkan data Sejarah, Kotamadya Surabaya didirikan tanggal 1 April 1906 berdasarkan pasal 1 ‘instellings-ordonnantie’ (staatsblad 1906-149). Ketika itu luas wilayah Surabaya hanya 103 kilometer persegi. Tanah-tanah itu meliputi tanah yang masih dalam kekuasaan eigendom partikelir dan pemerintah. 

Ludruk, Berawal dari Pertemanan Cak Durasim dan dr Soetomo

SURABAYA - Ludruk merupakan salah satu seni pertunjukan panggung yang sudah ada sejak tahun 1930-an di Kota Surabaya. Kesenian ludruk berasal dari Surabaya, Jawa Timur.

Jalan Kayoon, Dulu Taman Kota Kini Jadi Pasar Bunga di Surabaya

SURABAYA - Kawasan Jalan Kayoon dahulu adalah salah satu kawasan taman yang indah dan tertata rapi berada di tepi Kalimas. Di sekitar lokasi tersebut merupakan perumahan elit pada zaman kolonial Belanda menghadap ke sungai. 

Taman Bungkul Berawal dari Pesarean Kuno di Era Majapahit

Taman Bungkul memiliki cerita panjang dan pengaruh terhadap perkembangan Kota Pahlawan. Di dalam buku berjudul Er Werd Eenstad Geboren (Lahirnya Sebuah Kota)

Tugu Pahlawan, Ikon Kota yang Dibangun dari Sumbangan Rakyat

TUGU Pahlawan merupakan monumen bersejarah di kota Surabaya. Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Plaza Surabaya Dulu Lokasi RS Pertama di Surabaya

RS Simpang menjadi mal pertama di pusat kota itu bukan sekadar cerita rakyat belaka.

Titik Nol Kilometer Surabaya Ada di Kantor Gubernur Jatim

Jika sebelumnya titik nol kilometer di Surabaya hanya ditandai dengan simbol tugu kecil, namun sejak Desember 2018, di lokasi tugu ini diresmikan monumen Parasamya Purnakarya Nugraha

Kawasan yang Diisi Percampuran Penduduk Asli dengan Kaum Pendatang

Kawasan Srengganan merupakan kawasan padat penduduk yang diapit oleh Kertopaten di sisi utara dan Sidodadi di sisi selatan. Namun, di sisi luar yang menghadap ke sungai yang tembus ke Kalimas terlihat bangunan yang digunakan sebagai perniaagaan

most read

Berita Terbaru