alexametrics
Selasa, 15 Jun 2021
radarsurabaya
Home > Sportainment
icon featured
Sportainment

Belgia Optimistis Petik Poin Penuh Lawan Rusia

11 Juni 2021, 17: 13: 36 WIB | editor : Lambertus Hurek

SIAP TEMPUR: Pemain andalan Belgia Romelu Lukaku.

SIAP TEMPUR: Pemain andalan Belgia Romelu Lukaku. (IST)

Share this      

ST PETERSBURG - Tim unggulan  Belgia akan bertandang ke kandang Rusia untuk menghadapi laga perdana Grup B Piala Eropa di St Petersburg, Minggu (13/6) dini hari. Belgia percaya diri untuk pertandingan pembuka Grup B mereka setelah sebelumnya pernah  mengalahkan Rusia dua kali di kualifikasi, termasuk kemenangan 4-1 di Saint Petersburg, pada 16 November 2019.

Setan Merah tidak terkalahkan dalam tujuh pertandingan melawan Rusia, tetapi untuk kali ini Rusia tentu tidak ingin lagi dipermalukan di kandang sendiri.

Sebagai negara peringat satu dunia FIFA,  Belgia datang ke Piala Eropa dengan bersemangat untuk membuktikan kelas mereka, setelah secara tak terduga tersingkir di perempat final pada 2016 melawan tim kejutan Wales.

Baca juga: AS Kembalikan 27 Barang Antik Curian ke Kamboja

Pelatih Belgia Roberto Martínez tidak dapat diprediksi dalam menerapkan pola permainannya, tetapi formasi 3-4-2-1-nya cukup standar dalam lima tahun terakhir.

Di depan pertahanan tiga orang itu, ia memiliki dua gelandang yang solid – jadi selalu ada lima orang di belakang bola jika Belgia berada di bawah tekanan – sementara dua gelandang di sayap mendukung tiga penyerang, semuanya bermain di ruang yang relatif terbatas di depan.

Banyak pemain kecil yang terampil, ditambah beberapa pemain atletis yang tak kenal lelah: kombinasi yang kuat.

Sementara itu, Rusia cukup fleksibel secara taktis. Mereka dapat memainkan formasi 5-3-1-1 defensif dengan sedikit ruang di antara garis, tekanan konstan dan bola panjang ke Dzyuba, atau 4-2-3-1 yang jauh lebih menarik dengan penyerang cerdas Rusia seperti Golovin dan Miranchuk memiliki kebebasan yang cukup untuk berkembang.

Dalam kondisi terbaiknya, Rusia adalah tim serangan balik yang berbahaya. Menghadapi Rusia penyerang Belgia Dries Mertens mengatakan bahwa tim Rusia memiliki kualitas individu, hal itu telah dirasakannya setelah dua kali berhadapan dengan Rusia baru-baru ini.

"Kami telah bermain melawan Rusia beberapa kali baru-baru ini. Mereka adalah tim yang memiliki kualitas individu. Mereka berada di kandang di turnamen besar dan, seperti Piala Dunia 2018, mereka akan menunjukkan performa yang hebat. keinginan untuk menang. Kami akan menghadapi pertandingan ini dengan penuh rasa hormat, tetapi juga dengan keinginan besar untuk menang,” ujarnya.

Sementara itu, bek Rusia Georgi Dzhikiya mengatakan bahwa timnya akan menghadapi Belgia dengan kekuatan yang mereka miliki.

"Tanpa pertanyaan, [Romelu Lukaku] sekarang menjadi salah satu striker terbaik di dunia. Tetapi pada hari Sabtu itu bukan Dzhikiya melawan Lukaku, itu adalah Rusia melawan Belgia. Jadi terserah kita untuk melakukannya bermain dengan kekuatan kami dan berhasil meskipun lawan kami memiliki kualitas yang sangat tinggi," ujarnya.

Rusia dalam dua laga uji coba jelang Piala Eropq berhasil meraih hasil imbang 1-1 saat melawan timnas Polandia, dan berhasil meraih kemenangan 1-0 saat melawan timnas Bulgaria.

Dengan dua bekal positif tersebut timnas Rusia yang dimotori Artem Dzyuba optimistis mampu membuka Piala Eropa dengan hasil yang sangat bagus, meskipun lawan mereka memiliki komposisi pemain yang lebih memumpuni. (uefa/rak)

(sb/jpc/rek/JPR)

 TOP