alexametrics
Selasa, 15 Jun 2021
radarsurabaya
Home > Ekonomi Surabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya

Semester II/2021, Ray White CitraLand Optimis Market Properti Tumbuh

10 Juni 2021, 17: 22: 09 WIB | editor : Wijayanto

OPTIMIS TUMBUH. Dari kiri: Robby Simon, Irawan dan Lidya Susilo saat acara Annual Award Ray White CitraLand.

OPTIMIS TUMBUH. Dari kiri: Robby Simon, Irawan dan Lidya Susilo saat acara Annual Award Ray White CitraLand. (M AFIQ FIRDAUS/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA – Menjelang berakhirnya stimulus free PPN dari pemerintah, kalangan broker properti tetap optimis. Bahkan market property pada semester kedua tahun ini diperkirakan tetap akan tumbuh. Karena demand property khususnya landed house masih tinggi.

Menurut Robby Simon, Business Development Executive Ray White Indonesia, berdasarkan study dan reaserch yang dilakukan menunjukan minat beli masih sangat tinggi meskipun dalam kondisi pandemi. Mereka yang menunda pembelian property tahun 2020 berpotensi besar merealisasikan tahun 2021.

“Pencarian masih akan di dominasi untuk residential. Pembeli masih sangat tertarik dengan nilai property,” kata Robby Simon disela Ray White CitraLand Annual Award, Selasa malam (8/6).

Baca juga: BRI dan MoneyGram Kerjasama, Kirim Uang dari Luar Negeri Jadi Mudah

APRESIASI: Irawan (lima dari kanan) bersama para marketing yang mendapatkan award saat acara Annual Award Ray White CitraLand.

APRESIASI: Irawan (lima dari kanan) bersama para marketing yang mendapatkan award saat acara Annual Award Ray White CitraLand. (M AFIQ FIRDAUS/RADAR SURABAYA)

Dijelaskan, lokasi property yang tidak dekat pusat kota juga tidak menjadi prioritas utama, selama kawasan terintegrasi dengan fasilitas publik yang baik dan sarana transportasi yang memadai. Konektivitas dan harga masih menjadi daya tarik utama dalam market property di semester II/2021.

“Jarak ke pusat kota bukan lagi concern utama, selama lokasi masih mudah di jangkau dan traffic tidak terlalu tinggi. Itulah alasan kenapa project dengan “Integrated Residential Areas” masih menjadi target bagi konsumen pasar property,” tambahnya.

Untuk pengembang, dia menyarankan pengembangan project baru sebaiknya mempertimbangkan area publik. Kombinasi dari harga yang terjangkau dan kemudahan mobilisasi akan menjadi point paling menarik untuk menarik konsumen di semester II/2021.

Sementara untuk pembeli, masih akan dimanjakan dengan banyaknya pilihan unit residential dengan harga terjangkau, walaupun hal ini tidak akan berlangsung lama. Karena market sedang dalam kondisi sangat baik dan cendrung untuk recover dan kembali bangkit secara bertahap.

Sementara itu, Irawan, Principal Ray White CitraLand menambahkan, market pada semester cukup bagus. Hal ini didorong adanya kebijakan free PPN dari pemerintah. Selain itu, perbankan juga mensuppor dengan menyediakan KPR dengan tenor panjang dan bunga ringan.

Dia mengaku dukungan perbankan sangat signifikan menggerakan market property. Sebab dengan bunga KPR yang ringan dan tenor yang panjang 10-20 tahun membuat konsumen terutama dari kalangan milenial mampu merealisasikan mimpinya memiliki rumah sendiri. Sebab cicilannya jadi ringan.

Sebab itu, dia yakin semester II/2021, kondisi market akan tetap bagus terutama yang berharga sekitar Rp 500-an juta. Karena yang membutuhkan rumah masih banyak terutama dari enduser. Sementara yang harganya Rp 700-an juta hingga Rp 1 miliar, market tetap ada namun tidak terlalu besar.

“Yang paling banyak dicari yang harganya 500-an juta kebawah. Bisa 80 persen dari total penjualan kami. Mayoritas dari milenial dan pasangan muda. Dan 90 persen pakai KPR,” kata Irawan.

Untuk itu, pihaknya juga akan menambah jumlah developer yang menjadi mitra bisnisnya. Saat ini ada 15 developer yang sudah kerjasama dengan berbagai proyek yang tersebar di Surabaya, Gresik dan Sidoarjo dan sudah terjamin legalitasnya.

Saat ini beberapa proyek yang kerjasama dengan Ray White Citraland diantaranya adalah Golden East Kebomas dan Golden East Menganti, Wisma Mukti Group, Jade Group, Casa Integra Persada, Menteng Regency dan banyak lagi lainnya. Beberapa diantaranya bahkan sold out dalam satu bulan seperti Golden East Kebomas dan Golden East Menganti. “Sekarang persiapan pengembangan tahap ketiga. Sebentar lagi akan kami pasarkan,” ujarnya.

Terkait acara Annual Award 2021 Ray White CitraLand, dia mengaku, acara bergengsi tersebut digelar untuk memberikan penghargaan atau apresiasi yang tinggi kepada para marketing yang mempunyai top performance selama satu tahun mulai Januari – Desember 2020.

Pada acara tersebut juga dihadiri beberapa undangan dari Bank Mandiri dan beberapa developer seperti Keluarga Sejahtera Group, PT Wisma Mukti, Terrania Living, Jade Group, Casa Integra Persada dan Menteng Regency.

“Kami juga memberikan training berkala sesuai standard Ray White. Tahun ini kami juga akan tambah marketing dari 100 orang menjadi 150 orang. Kami berharap kedepan akan semakin berkembang dan melahirkan para agen property yang handal dan professional,” tandas Irawan. (fix/jay)           

(sb/fik/jay/JPR)

 TOP