alexametrics
Selasa, 15 Jun 2021
radarsurabaya
Home > Ekonomi Surabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya
Perbaiki Kualitas Kelistrikan

PLN UIT JBM Lakukan Rekonduktoring SUTT 150 kV

09 Juni 2021, 16: 07: 14 WIB | editor : Wijayanto

JAMIN KEANDALAN: Petugas PLN UIT JBM saat melakukan rekonduktoring di beberapa wilayah di Jawa Timur untuk memperkuat keandalan pasokan listrik tegangan listrik.

JAMIN KEANDALAN: Petugas PLN UIT JBM saat melakukan rekonduktoring di beberapa wilayah di Jawa Timur untuk memperkuat keandalan pasokan listrik tegangan listrik. (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA – Dalam meningkatkan keandalan pasokan listrik kepada pelanggan, PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur & Bali (UIT JBM) terus berupaya agar sistem jaringan transmisi serta Gardu Induk (GI) dapat beroperasi secara optimal.

Salah satunya adalah melakukan rekonduktoring atau penggantian kabel (konduktor) pada Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) Kediri–Kertosono–Jayakertas–Gentry GI Kertosono.

Penggantian kabel SUTT tersebut ditujukan untuk memperluas dan memperkuat keandalan pasokan listrik tegangan tinggi di Kota Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Kediri, dan lainnya. Selain itu juga sekaligus meningkatkan pelayanan terhadap konsumen PLN.

Baca juga: Cegah Peretasan Akun Medsos, Ini Cara Bikin Verifikasi Dua Langkah

“Rekonduktoring atau penggantian kabel menjadi upaya kami untuk menjaga keandalan sistem. Rekonduktoring tak hanya pada sisi 150 kV saja, akan tetapi tegangan 70 kV serta 500 kV pun kami lakukan rekonduktoring sesuai dengan kebutuhannya,” tutur General Manager PLN UIT JBM, Suroso.

Sebanyak total dua span tower dari GI Kediri ke GI Kertosono yang dilakukan pekerjaan rekonduktoring jalur transmisi SUTT 150.000 volt atau 150 kV.

“Kami menurunkan 34 personel dalam pekerjaan rekonduktoring. Dan saat pekerjaan ini dilakukan kami melakukan pemadaman terlebih dahulu. Namun pemadaman tidak berdampak ke pelanggan karena kami sudah mengantisipasinya,” lanjut Suroso dalam penjelasan pekerjaan rekonduktoring.

Kegiatan ini sendiri dimaksudkan untuk menambah daya mampu yang disalurkan oleh penghantar SUTT 150kV Kediri–Kertosono–Jayakertas yang semula 982 Ampere menjadi 1580 Ampere guna memenuhi kebutuhan pelanggan listrik di wilayah tersebut. (*)

(sb/rul/jay/JPR)

 TOP