alexametrics
Selasa, 15 Jun 2021
radarsurabaya
Home > Hukum & Kriminal Surabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Tipu Korban Ratusan Juta, Jaksa Abal-Abal Dituntut 3 Tahun Penjara

07 Juni 2021, 05: 05: 59 WIB | editor : Wijayanto

Terdakwa jaksa gadungan, Abdussomad.

Terdakwa jaksa gadungan, Abdussomad. (DOK/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Jaksa gadungan Abdussomad dituntut tiga tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Furkon Adi Hermawan di Pengadilan Negeri Surabaya. Terdakwa terlibat penipuan bermodus lolos tanpa tes masuk CPNS. Somad juga enggan membayar tagihan hotel.

“Sesuai dengan pasal 378 KUHP, terdakwa telah memenuhi segala unsur di dalamnya. Memohon kepada majelis hakim agar terdakwa dihukum selama tiga tahun penjara dikurangi selama terdakwa ditangkap dan ditahan,” ujar Jaksa Furkon.

Hukuman itu dirasa pantas karena terdakwa dinilai telah mencoreng nama baik kejaksaan. Selain itu, ia membuat orang tua korban, Deni Alam Kusuma dan Muhammad Dandi Prasetiyo, mengalami kerugian material ratusan juta rupiah. “Selain itu, terdakwa tidak ada iktikad baik mengembalikan kerugian material kedua korban,” jelas Furkon.

Baca juga: Kejari Kembalikan Aset ke Pemkot Surabaya Senilai Rp 352 Miliar

Sedangkan hal yang meringankan, menurut Furkon, terdakwa belum pernah dihukum dan mengakui perbuatannya. Juga tidak berbelit-belit selama proses persidangan. “Saya mohon keringanan, Yang Mulia. Saya janji tidak mengulangi lagi,” kata Abdussomad. (gin/rek)

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP