alexametrics
Selasa, 15 Jun 2021
radarsurabaya
Home > Lifestyle Surabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya

Peringati Tradisi Festival Dragon Boat, Hadirkan Menu Bakcang 2 Varian

07 Juni 2021, 02: 13: 01 WIB | editor : Wijayanto

BAKCANG SWEET DUMPLING: Heidy Tan, Chef Hotel Shangrila Surabaya, menunjukkan Bakcang Sweet Dumplingyang dibuat untuk menyambut perayaan Dragon Boat dalam tradisi masyarakat Tiongkok.

BAKCANG SWEET DUMPLING: Heidy Tan, Chef Hotel Shangrila Surabaya, menunjukkan Bakcang Sweet Dumplingyang dibuat untuk menyambut perayaan Dragon Boat dalam tradisi masyarakat Tiongkok. (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Jelang perayaan Festival Dragon Boat di Tiongkok pada 14 Juni nanti, masyarakat Tionghoa di Surabaya tidak perlu bingung mencari bakcang. Cukup datang ke salah satu hotel di kawasan HR Muhammad, di sana disediakan dua varian bakcang. Di antaranya Rice Dumpling dan Sweet Dumpling.

Menurut kisah Chef Chinese Dimsum di hotel tersebut, Chef Heidy Tan, bakcang dan Festival Dragon Boat di Tiongkok merupakan simbol penghormatan untuk pejuang asal Tiongkok bernama Qu Yuan. “Jadi mereka menghormati Qu Yuan, untuk mengenang jasa-jasanya masyarakat Tionghoa melempar bakcang ini ke sungai. Kalau di Indonesia kan tidak ada, jadi hanya cukup mengonsumsinya saja,” kata Heidy.

Heidy melanjutkan, biasanya warga Tionghoa yang tinggal di Indonesia membeli atau membuat bakcang tersebut untuk dibagikan ke saudara dan kolega atau dinikmati bersama keluarga sebagai tanda penghormatan pahlawan asal negeri Tirai Bambu tersebut. “Yang pertama tradisi keluarga, kedua ada sebagian yang mengaitkan dengan agama untuk ritual,” jelasnya.

Baca juga: Awalnya Simpati, Kemudian Diporoti, Akhirnya Ditinggal Pergi

Di hotel tersebut ada dua varian bakcang yang rasanya sangat menggugah selera. Di antaranya adalah bakcang bertema heritage collection dengan menu classic xo mushroom glutinous rice dumpling, treasure fujian style glutinous rice dumpling, dan gojuchang beef tenderloin glutinous rice dumpling.

Selain bakcang klasik, ada pula bakcang yang dibentuk dengan gaya modern seperti bakcang bertema sweet dumpling kid’s collection. Di antaranya ada Teddy nutella dumpling, sweet coin nutella dumpling, summer green tea dumpling, blossom red bean dumpling dan peach berry dumpling.

“Tahun ini sengaja keluarkan varian baru sweet dumpling untuk menarik minat anak-anak. Selain bentuknya yang lucu rasanya juga kami buat modern,” ujar Heidy.

Heidy juga menjelaskan, bakcang di hotelnya sudah dijamin halal. Bagi masyarakat Tionghoa yang beragama Islam juga bisa menikmatinya. Sementara bagi warga Tionghoa nonmuslim bisa menikmati juga bakcang original berisi daging babi.

“Ada dua yang original, yaitu isi daging bebek seperti Beijing roasted duck glutinous rice dumpling. Sedangkan yang ama’s secret recipe braised pork belly glutinous rice dumpling cocok untuk memanjakan lidah orang Tionghoa non muslim,” paparnya. (gin/nur)

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP