alexametrics
Selasa, 15 Jun 2021
radarsurabaya
Home > Surabaya
icon featured
Surabaya

Obyek Wisata Dibuka Hanya untuk Warga Ber-KTP Surabaya

15 Mei 2021, 09: 16: 50 WIB | editor : Wijayanto

Obyek Wisata Dibuka Hanya untuk Warga Ber-KTP Surabaya

SURABAYA - Lebaran di dalam rumah saja, bahkan di dalam kota. Karena larangan mudik pemerintah yang mengharuskan kita untuk tidak ke luar kota meskipun itu mudik lokal. Bahkan Pemkot Surabaya saat ini tengah mematau dan mengevaluasi pembukaan obyek wisata yang saat sudah dibuka, juga yang akan dibuka. Agar tempat itu bisa menjadi alternatif penghilang penat selama larangan mudik ini berlaku.

Dengan dibukanya obyek wisata selama lebaran ini, Pemkot Surabaya juga menegaskan larangan bagi pengunjung yang berasal bukan dari luar Surabaya. 

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menegaskan wisatawan dari luar kota Surabaya tetap dilarang untuk berwisata di Surabaya. Oleh karena itu pihaknya akan tetap memantau obyek wisata di Surabaya, untuk mengantisipasi adanya wisatawan luar Surabaya yang masuk ke obyek wisata di Surabaya.

Baca juga: Simak Tips BRI Agar Pelaku UMKM Bisa Meraih Sukses Sejak Awal

Warga menikmati suasana kawasan ekowisata Mangrove di Gunung Anyar Surabaya.

Warga menikmati suasana kawasan ekowisata Mangrove di Gunung Anyar Surabaya. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

“Warga luar kota disarankan untuk sementara tidak berwisata ke Kota Pahlawan. Iya, jadi kemarin kita sudah sepakati kalau untuk wisata kita sarankan engkok ae (nanti saja), cek ga bingung (biar tidak bingung). Karena kalau sudah masuk bingung," tegasnya.

Eri meminta kepada para petugas untuk mensosialisasikannya secara humanis. Artinya tidak langsung menegaskan jika dilarang berwisata. "Tapi saya sampaikan ke teman-teman sosialisasinya juga harus humanis. Jangan nanti wisata tidak boleh. Tapi memang syarat wisata kemarin diperbolehkan, cuman tidak boleh menginap,"jelasnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajad mengatakan pihaknya akan memantau pergerakan masyarakat saat libur lebaran. Seperti di KBS, THP Kenjeran, Jembatan Suroboyo, hingga Mall. "Kami akan menyiagakan petugas di masa libur lebaran di tempat yang berpotensi mengundang masyarakat dalam jumlah banyak seperti KBS, THP Kenjeran. Dan tentu dengan satgas Covid-19 untuk mengawasi jumlah pengunjung,"katanya.

Dirinya mengimbau agar wisatawan dari luar Surabaya untuk tidak berkunjung ke Surabaya dalam rangka mengisi waktu libur lebaran. Penyekatan jalan masih dilakukan pihaknya hingga 17 Mei mendatang. " Ini untuk menghindari kerumunan jadi kami masih sekat dan batasi di 17 titik perbatasan," jelasnya.

Sementara itu Kepala UPTD THP Kenjeran, Wisata Air Kalimas dan Wisata Religi Ampel, Saidatul Mahruna mengatakan wisata perahu itu dibuka pukul 08.00 hingga pukul 11.00 kemudian di shift dua akan dibuka kembali pukul 12.30 hingga pukul 15.00. Rute yang akan dilalui perahu yakni Taman Prestasi-Monkasel-Taman Prestasi. Taman Prestasi-Museum Pendidikan-Taman Prestasi.

Sedangkan taman hiburan pantai (THP) Kenjeran saat ini tengah mempersiapkan pembukaan Saidatul mengaku telah mempersiapkan apabila THP Kenjeran dibuka. Persiapannya mulai penataan area dalam hingga prokes pengunjung. Area yang ditata Saidatul menyebut stan pedagang dan toilet. "Stan mulai dilakukan perbaikan termasuk juga toilet untuk pengunjung karena toilet kami rasa sudah tidak layak jadi kami renovasi," pungkasnya. (rmt/jay)

(sb/rmt/jay/JPR)

 TOP