alexametrics
Senin, 17 May 2021
radarsurabaya
Home > Surabaya
icon featured
Surabaya

Tujuh Exit Tol Ruas Surabaya-Gempol Bakal Disekat pada 6-17 Mei 2021

04 Mei 2021, 10: 10: 59 WIB | editor : Wijayanto

Ilustrasi tol dalam kota Surabaya

Ilustrasi tol dalam kota Surabaya (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA – General Manager Jasamarga Transjawa Tollroad Representative Office 3 Ruas Surabaya - Gempol, Hendri Taufik mengatakan, ada tujuh exit tol yang akan disekat pada ruas tol Surabaya – Gempol untuk mendukung kebijakan pemerintah melarang mudik Lebaran dan membatasi transportasi pada tanggal 6 hingga 17 Mei.

Tujuh exit tol di SurabayaGempol yang akan disekat meliputi Exit Dupak, Exit Banyu Urip, Exit Satelit, Exit Gunung Sari 1, Exit Gunung Sari 2, Exit Sidoarjo 1 dan Exit Gempol.

”Informasi yang kami terima dari teman-teman Polda Jatim, ada tujuh titik penyekatan antarprovinsi, kemudian ada 20 titik penyekatan antar rayon, dan ketiga ada 45 titik penyekatan di exit tol, dari 45 titik ini, untuk tol Surabaya-Gempol ada tujuh gerbang yang dioperasikan Surabaya-Gempol yang aksesnya dilakukan penyekatan,” katanya.

Baca juga: 14 Ribu PMI Asal Jatim Mudik, 4 Terkonfirmasi Positif Covid-19

Menurutnya pengendara yang masuk kriteria pemudik akan langsung diputarbalikkan. Meski demikian ia mengaku belum mendapatkan petunjuk teknis secara resmi. ”Hanya gambarannya seperti Pembatasan Sosial Berkala Besar (PSBB) tahun lalu,” ujarnya.

Lebih lanjut Hendri mengatakan pemakai jalan nanti akan dilakukan penyekatan dengan beberapa kriteria tertentu. Jika kriterianya masuk pemudik, akan dikembalikan dan diputarbalikkan kembali ke exit tol. ”Jadi saat keluar, ada pemakai jalan yang masuk kategori mudik, langsung diputarbalik masuk kembali ke tol,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Hendri, pihak Dishub dan kepolisian juga telah melakukan sejumlah persiapan di lokasi yang nantinya akan disekat. Persiapan ini dengan menerjunkan sejumlah properti penunjang penyekatan.

”Sementara kami monitor, ini yang melaksanakan program ini dari teman-teman Dinas Perhubungan, Kepolisian, dan pemerintah daerah setempat. Yang kami pantau sudah ada beberapa persiapan. Beberapa properti untuk menunjang fasilitas penyekatan sudah mulai ditempatkan di lokasi exit. Jadi baru persiapan kelengkapannya,” paparnya.

Hendri mengimbau masyarakat patuh pada larangan mudik dari pemerintah, jika tidak ingin diputarbalik. Menurutnya pemerintah sudah secara resmi melarang kegiatan mudik 2021 ini. (mus/rak)

(sb/mus/jay/JPR)

 TOP