alexametrics
Selasa, 15 Jun 2021
radarsurabaya
Home > Gresik
icon featured
Gresik

Selama Mudik, Pemkot Ketati 13 Titik Perbatasan Kota

25 April 2021, 17: 09: 43 WIB | editor : Wijayanto

Operasi yustisi yang digelar aparat gabungan di salah satu titik perbatasan kota pada tahun lalu.

Operasi yustisi yang digelar aparat gabungan di salah satu titik perbatasan kota pada tahun lalu. (DOK/JAWAPOS)

Share this      

SURABAYA – Pemerintah menerbitkan adendum surat edaran Satgas Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang peniadaan mudik Idul Fitri 1442 Hijriah dan upaya pengendalian penyebaran Covid-19 selama Ramadan. Pengetatan persyaratan pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) berlangsung pada 22 April hingga 5 Mei dan 18-24 Mei.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, pendatang yang masuk ke Surabaya bisa menggunakan tes rapid antigen atau PCR yang berlaku 1 x 24 jam. Pemkot tak hanya konsentrasi pada pendatang dari luar kota, tapi juga dari luar negeri.

Apalagi Surabaya dikenal sebagai kota transit. Sehingga akan disediakan bus untuk mengantar pendatang ke kota tujuan. ”Kami sediakan bus, misalnya, mereka hendak ke Madura langsung kami antarkan ke daerahnya. Jadi, tidak ada istilah berhenti di Kota Surabaya,” jelasnya.

Baca juga: Dipicu Sakit Hati, Suami Bunuh Istri yang Hamil 5 Bulan

Pemkot juga sudah berkoordinasi dengan Gubernur Jatim, Kapolda, Pangdam, dan Forkopimda. ”Maka, tempat transit atau yang biasanya di perbatasan kami ketati,” katanya.

Eri juga akan menggunakan Kampung Tangguh di masing-masing wilayah untuk mengawasi para pemudik yang datang ke Surabaya. Nantinya RT/RW juga akan dibantu Satgas Covid-9 Surabaya. ”Kita cek saja, pakai GeNose. Jangan sampai memberatkan juga,” katanya.

Wakil Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya Irvan Widyanto mengatakan, warga yang masuk ke Surabaya dari wilayah aglomerasi tidak perlu menunjukkan surat kerja. Melainkan hanya memperlihatkan kartu identitas saja. Wilayah aglomerasi itu Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, dan Sidoarjo.

Pemkot akan melakukan penyekatan di 13 titik. Yakni Terminal Benowo, Terminal Osowilangon, exit Tol Masjid Agung, PMK SIER, Pasar Karang Pilang, exit Tol GunungsariMalang, exit Tol Gunungsari-Gresik, Lakarsantri, depan Cito, exit Tol Sumo, exit Tol Satelit, Rungkut Menanggal, MERR Gunung Anyar. (rmt/rek)

(sb/rmt/jay/JPR)

 TOP