alexametrics
Senin, 17 May 2021
radarsurabaya
Home > Lifestyle Surabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya

Kuliner Ramadan Bersama Keluarga, Disajikan dalam 4 Elemen

23 April 2021, 15: 48: 07 WIB | editor : Wijayanto

BUKA BERSAMA KELUARGA: Satu keluarga menikmati santapan menu buka puasa Ramadan dengan latar belakang kolam renang di salah satu hotel di Jalan Mayjend Sungkono.

BUKA BERSAMA KELUARGA: Satu keluarga menikmati santapan menu buka puasa Ramadan dengan latar belakang kolam renang di salah satu hotel di Jalan Mayjend Sungkono. (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Menu ramadan beragam bentuknya, mulai dari jajanan, minuman, dan makanan berat. Seperti halnya menu berbuka yang ada di salah satu hotel di kawasan Mayjen Sungkono yang mengandalkan kuliner tradisionalnya dan disajikan berdasarkan kategori empat elemen yakni api, air, udara, dan tanah. “Jadi ada masakan yang disajikan dengan cara dibakar diuap, dibakar, atau dengam cara di kukus,” papar Camelia Ayu, Communications hotel tersebut.

Camelia mengatakan, pada Ramadan tahun ini ada banyak menu baru yang salah satunya adalah kurma station, dan sajian khas Timur Tengah. 

Camelia menuturkan, biasanya kurma dijadikan salah satu syarat untuk berbuka puasa oleh sebagian umat muslim. Oleh karena itu, buah asal Timur Tengah ini dijadikan berbagai sentuhan menarik. Di antaranya adalah milk shake kurma, slice cake kurma, biskuit kurma, es krim dan berbagai menu lain berbahan dasar kurma. “Biasanya kita ada kurma. Tapi ya hanya kurma bentuk buah gitu saja, tidak ada olahan kurmanya,” kata Camelia.

Baca juga: Keluarga Korban KRI Nanggala Berharap Kru Kapal Segera Ditemukan

Menu buka puasa kali ini tetap mengusung tema Men-Jamoo dengan menu makanan dengan api terbuka, memasak di bambu, pot tanah liat, dan fish on stick. Makanan akan disajikan dalam berbagai budaya di Indonesia, termasuk wadah daun pisang buatan tangan, sabut kelapa, dan hidangan bambu. “Temanya tetap mengusung nama Men-Jamoo, karena Ramadan jadi kami tambah dengan Rindu Men-Jamoo,” jelas Camelia. 

Camelia menuturkan, pilihan menu ini disajikan untuk para keluarga yang ingin menikmati santap buka dengan kenyamanan seperti di rumah. Terdapat tiga set menu untuk keluarga, di antaranya adalah makan bertema Turki yang bisa dinikmati di lobby lounge. 

Tak hanya itu, selain makanan khas Turki juga ada makanan yang cocok dengan lidah masyarakat Surabaya, seperti sup, rawon, soto lamongan, dan masih banyak lainnya. (gin/nur)

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP