alexametrics
Selasa, 15 Jun 2021
radarsurabaya
Home > Surabaya
icon featured
Surabaya

Pengambilan PIN PPDB 2021 di Jatim Mulai Dibuka Secara Online

21 April 2021, 01: 17: 00 WIB | editor : Wijayanto

Pengambilan PIN untuk PPDB 2021 sudah dibuka secara online.

Pengambilan PIN untuk PPDB 2021 sudah dibuka secara online. (DOK/JAWAPOS)

Share this      

SURABAYA - Pengambilan Personal Identification Number (PIN) untuk Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Jatim 2021 mulai dibuka secara online pada Senin (19/4) hingga 31 Mei mendatang. Pengambilan PIN ini dimaksudkan untuk menentukan titik rumah dengan aplikasi geolokasi melalui situs ppdbjatim.net.

“Pengambilan PIN tahun ini cukup lama dibandingkan tahun sebelumnya. Jika tahun 2020 pengambilan PIN cuma 12 hari, tahun ini bisa dilakukan hingga jalur terakhir PPDB,” ujar Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (TIKP) Dinas Pendidikan (Dispendik) Jatim Alfian Majdi.

Lebih lanjut Alfian mengatakan, pengambilan PIN sebaiknya dilakukan sejak awal jika berniat mendaftar di jenjang SMA. Pasalnya PPDB jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua, dan jalur prestasi hasil perlombaan dan/atau penghargaan (SMA/SMK) dibuka pada 3 Mei mendatang. 

Baca juga: Habiskan Waktu di Masjid Jamik dan Kampung Peneleh saat Ramadan

Menurutnya, dalam pengambilan PIN bagi peserta didik yang lulus tahun ini, lebih dahulu login ke situs ppdbjatim.net dengan menggunakan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) sekolah asal, NISN, dan tanggal lahir.

“Kemudian, mengisi data dan mengunggah kartu keluarga (KK). Selanjutnya menentukan titik lokasi rumah. Saat login selanjutnya setelah dua hingga tiga hari, jika data sudah diverifikasi oleh sekolah maka calon peserta didik dapat mengunduh PIN,” jelasnya.

Alfian menuturkan, bagi siswa luar Jatim atau yang merupakan lulusan tahun lalu diminta untuk mengisi identitas pribadi yang meliputi NISN, nama siswa sesuai ijazah dalam kapital, nama sekolah asal sesuai ijazah. Sedangkan untuk siswa lulusan SMP Jatim tahun lalu, mengisi identitas pribadi yang meliputi NISN, nomor peserta ujian nasional sesuai ijazah atau Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SHUN), nama siswa sesuai ijazah dalam huruf kapital, pilih sekolah asal yang ada dalam sistem.

“Selanjutnya, mengisi nilai rapor semester I sampai semester V dan mengunggah foto rapor per semester. Untuk lulusan SMP luar Jatim, mengisi peringkat akreditasi dari sekolah asal dengan melihat di situs https://bansm.kemdikbud.go.id/akreditasi dan diverifikasi oleh operator dari SMA/SMK,” katanya.

Kemudian mengisi data dan mengunggah kartu keluarga (KK) dan/atau surat keterangan domisili. Menentukan titik lokasi rumah, setelah itu sistem memberikan akun dan password untuk login selanjutnya (setelah 2-3 hari) agar dapat melihat hasil verifikasi petugas. “Saat login selanjutnya, jika data sudah diverifikasi oleh sekolah maka calon peserta didik dapat mengunduh PIN,” pungkasnya. (mus/nur)

(sb/mus/jay/JPR)

 TOP