alexametrics
Senin, 17 May 2021
radarsurabaya
Home > Sportainment Surabaya
icon featured
Sportainment Surabaya

Drama 2 Kartu Merah, Persebaya Diungguli Persib Bandung 2-3

12 April 2021, 06: 41: 31 WIB | editor : Wijayanto

KETAT: Gelandang Persebaya, Marselino Ferdinan, berebut bola dengan Ardi Idrus.

KETAT: Gelandang Persebaya, Marselino Ferdinan, berebut bola dengan Ardi Idrus. (ISTIMEWA/PERSEBAYA.ID)

Share this      

SLEMAN – Berbekal pemain muda, Persebaya Surabaya kesulitan menghadapi tim bertabur bintang Persib Bandung di babak delapan besar Piala Menpora 2021. Bermain di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jogjakarta, gawang Satria Tama kebobolan tiga gol di babak pertama.

Bahkan gol pertama Persib yang dicetak pemain naturalisasi, Ezra Walian, di detik ke-39 menjadi gol tercepat di turnamen berhadiah total Rp 4,5 miliar ini. Selanjutnya, Persib mencetak gol kedua di menit ke-6 lewat legiun asing Wander Luiz dan gol ketiga di menit ke-37 lewat Nick Kuipers.

Green Force baru bisa membalas di babak kedua masing-masing lewat Arif Satria di menit ke-62 dan Mokhamad Syaifuddin di injury time menit ke 93. Hasil ini mengantarkan Persib Bandung ke semifinal Piala Menpora 2021. Maung bandung akan menghadapi pemenang duel antara PSS Sleman dan Bali United yang baru akan dimainkan nanti malam.

Baca juga: Kunjungi Korban Gempa, Khofifah Minta Waspadai Bencana Susulan

Secara umum perubahan strategi yang dimainkan pemain asuhan Aji Santoso justru membuat Bajul Ijo tertekan di menit-menit awal pertandingan. Akibatnya usai bola bergulir dari tengah lapangan, Persib sudah mendapatkan sepakan pojok akibat clearance yang kurang sempurna.

Kesempatan tersebut dimanfaatkan Ezra Walian yang berdiri bebas di dalam kotak penalti. Pemain naturalisasi asal Belanda ini melepaskan tendangan melengkung ke pojok kiri atas gawang Satria Tama yang langsung mencetak skor menjadi 1-0 untuk Maung Bandung.

Tekanan di pertahanan Persebaya terus berlanjut. Serangan balik cepat di menit ketujuh membuat Wander Luiz berhasil mencetak gol setelah menerima cut back dari sayap. Persebaya tertinggal 2-0.

Setelah tertinggal dua gol, Rachmat Irianto dkk bisa keluar dari tekanan. Beberapa peluang didapatkan Persebaya lewat berbagai skema. Salah satunya di menit kedelapan dimana Rizky Ridho hampir mempersempit ketertinggalan. Sayang sundulannya melambung tipis di atas mistar gawang Teja Paku Alam.

Justru Persib menambah satu gol lagi lewat tandukan Nick Kuipers dari tendangan penjuru. Di menit injury time, kiper Persebaya, Satria Tama sempat diusir wasit karena dianggap memegang bola di luar kotak penalti. Hingga turun minum, kedudukan tak berubah 3-0 untuk Persib.

Pada babak kedua, Persebaya yang tinggal memiliki 10 pemain memasukkan Samsul Arif dan Supriadi untuk menambah daya serang skuad Bajul Ijo. Hasilnya, beberapa peluang tercipta. Di menit ke-62, Persebaya mampu mencetak gol balasan lewat sundulan Arif Satria yang loncat menyambut umpan Alwi Slamat.

Tak lama setelah itu, terjadi insiden di area penalti Persib. Wander Luiz terlihat menyentuh wajah salah satu pemain Persebaya saat tendangan bebas hendak dilakukan. Wasit pun memberikan kartu merah untuk Wander Luiz yang dianggap memancing keributan.

Setelah itu, Persebaya terus berupaya mengejar ketinggalan dua gol dari Persib. Hingga memasuki injury time, tepatnya di menit ke-90+3, Persebaya baru mampu menambah gol kedua lewat sundulan M  Syaifuddin. Namun, Persebaya tak memiliki cukup waktu untuk menyamakan kedudukan. Skor 3-2 untuk Persib Bandung bertahan hingga peluit panjang mengakhiri laga. (jay)

(sb/jay/jay/JPR)

 TOP