alexametrics
Kamis, 15 Apr 2021
radarsurabaya
Home > Surabaya
icon featured
Surabaya

Pemprov Jatim Kirim Bantuan Uang dan Beras untuk Korban Bencana di NTT

08 April 2021, 16: 42: 22 WIB | editor : Wijayanto

Plh Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono

Plh Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur mengirim bantuan uang senilai Rp1 miliar dan 1 ton beras untuk para korban bencana banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang di Nusa Tenggara Timur (NTT).  “Sesuai arahan dari Ibu Gubernur, kemarin, kami akan membantu uang Rp 1 miliar dan beras 1 ton,” ujar Plh Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono.

Ia menjelaskan, bantuan tersebut rencananya akan dikirimkan ke NTT pada 10 April 2021 lewat jalur laut. Pemberangkatan bantuan bakal menggunakan KRI Semarang. Sementara ditanya soal apakah ada warga Jatim yang menjadi korban bencana di NTT, mantan bupati Tulungagung itu menyampaikan akan mengeceknya lebih detail lagi. “Belum dicek. Nanti kita akan ada yang ke sana,” terangnya.

Sedang terkait pengiriman personel untuk membantu penanganan bencana banjir bandang NTT, Heru kembali menegaskan bahwa pihaknya akan melihat kondisi terlebih dulu. “Makanya akan melihat kondisi di sana, apakah kita menurunkan personel atau tidak. Prinsipnya Ibu Gubernur memberikan arahan untuk membantu beras 1 ton dan uang Rp 1 miliar,” ujar Heru.

Baca juga: Pemkot Luncurkan Program Vaksinasi 1 Lansia + 1 Pendamping

Sebelumnya, Polda Jatim telah memberangkatkan 75 personel Brimob yang mendapat tugas Bawah Kendali Operasi (BKO) ke Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk membantu korban banjir bandang. Mereka berangkat dari Terminal Cargo Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Selasa (6/4).

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengatakan, selain memberangkatkan 75 personel, Polda Jatim juga mengirim satu unit Ransus Dapur Lapangan beserta Crew (Jalur Darat), satu unit Water Treatment beserta Crew (Jalur Darat), satu unit Mobil SAR beserta Crew(Jalur Darat), 1 (satu) Unit Bus beserta Crew (jalur darat). "Mereka di BKO ke Polda NTT untuk tugas kemanusian membantu korban bencana alam yang melanda NTT," kata Gatot. (mus/rus/rak)

(sb/mus/jay/JPR)

 TOP