alexametrics
Jumat, 16 Apr 2021
radarsurabaya
Home > Surabaya
icon featured
Surabaya

Pemkot Luncurkan Program Vaksinasi 1 Lansia + 1 Pendamping

08 April 2021, 16: 19: 30 WIB | editor : Wijayanto

LANSIA:  Jumlah vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Surabaya paling tinggi di Jawa Timur.

LANSIA: Jumlah vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Surabaya paling tinggi di Jawa Timur. (SURYANTO PUTRA MUJI/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya membuat terobosan baru agar target sasaran vaksin Covid-19 bisa tercapai. Terobosan itu adalah anak muda yang telah berusia 18 tahun bisa mendapat vaksinasi Covid-19 melalui program “1 Pendamping 1 Lansia”. “Bila ada lansia didampingi seseorang, pendampingnya akan kita fasilitasi untuk divaksinasi,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Febria Rachmanita.

Menurut Feny, sapaan akrab Febria Rachmanita, syarat pendamping dan lansia yang bisa menerima vaksin lewat program ini yaitu pendamping berusia di atas 18 tahun dan lansia berusia di atas 60 tahun.

Pendaftaran harus dilakukan lewat link bit.ly/vaksinasi1lansia1pendamping. Vaksinasi akan dilakukan di rumah sakit, Puskesmas, atau tempat vaksin massal yang telah ditentukan Pemerintah Kota Surabaya. “Nanti kita beri jadwal dan tempat vaksinasinya. Kalau faskes penuh kita arahkan ke tempat vaksin massal,” ujarnya.

Baca juga: Defisit Anggaran, Pemkot Tunda Proyek dan Agenda Besar

Jeda waktu pemberian vaksin pertama dan vaksin kedua minimal 28 hari. Aturan ini berlaku sejak April 2021. “Sebaiknya yang mengantarkan lansia vaksin pertama, sama dengan yang mengantarkan untuk vaksin kedua. Sekalian mendapat vaksin,” kata Feny.

Hingga Rabu (7/4), 60 persen lansia di Kota Surabaya sudah divaksin. Ketersediaan vaksin Covid-19 di Surabaya tinggal 14 ribu dosis.  “Kurang lebih tanggal 10 April selesai, lalu kita akan mendapat vaksin baru 8.090 vial. Itu bisa untuk 80.900 sasaran. Rencana vaksin yang akan datang ini merek Sinovac,” ujar Feny. Dalam kesempatan yang sama, Feny juga meminta masyarakat tidak takut divaksin karena vaksin ini aman dan halal. 

Menurut data hingga Senin (5/4) sudah hampir 140 ribu lansia di Surabaya yang sudah menjalani vaksin pertama maupun kedua. Sedangkan untuk keseluruhan di Surabaya sudah 555.646 warga yang sudah menjalani vaksinasi Covid-19. (rmt/rak)

(sb/rmt/jay/JPR)

 TOP