alexametrics
Kamis, 15 Apr 2021
radarsurabaya
Home > Hukum & Kriminal Surabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Gasak Motor Bersama Paman, Pengamen Dicokok Polisi

08 April 2021, 08: 17: 36 WIB | editor : Wijayanto

KENA BATUNYA: Choirul Anam diamankan di Polsek Sukomanunggal.

KENA BATUNYA: Choirul Anam diamankan di Polsek Sukomanunggal. (M MAHRUS/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - M Choirul Anam, 19, pengamen yang tinggal di Jalan Tambak Asri Gang XXXI, Surabaya, hanya bisa menunduk dengan tangan diborgol di Mapolsek Sukomanunggal. Lelaki asal Desa Ngebruk, Sumberpucung, Malang, itu terlibat pencurian motor bersama pamannya di Surabaya.

Korbannya, Astri Marina, 29, warga Jalan Darmo Baru Barat, Surabaya. Hanya saja, saat ini paman tersangka masih ditetapkan sebagai daftar pencarian orang (DPO). 

"Tersangka MCA bertugas mengawasi situasi. W sebagai eksekutor atau yang membobol kunci setir motor," ujar Kapolsek Sukomanunggal Kompol Esti Setija Oetami didampingi Kanit Reskrim Ipti Marji Wibowo.

Baca juga: Gerebek Gubuk Sabu di Sidorame, Amankan 50 Poket SS dan Alat Isapnya

Esti menjelaskan, tersangka Choirul Anam bersama pamannya mencuri motor korban yang diparkir di depan toko Jalan Darmo Baru Barat, Surabaya, Selasa (23/3) malam. Modusnya, Choirul Anam berpura-pura membeli makanan di depan toko makanan samping parkir motor korban. Sementara W bertugas merusak kunci setir motor korban.

Saat itu motor korban sudah berhasil dirusak kunci setir dan mesinnya dinyalakan. Namun, saat itu W terjatuh dari motor. Akhirnya, aksinya dipergoki korban dan diteriaki maling. "Pelaku dilempar paving oleh korban kemudian kami amankan. Untuk pamannya kabur, kita tetapkan DPO," sebutnya. 

Mantan Kapolsek Kenjeran ini menyatakan, dari hasil pemeriksaan tersangka mengaku sudah beraksi sebanyak enam kali di wilayah Kota Surabaya.

Sementara itu, tersangka M Choirul Anam mengaku nekat mencuri motor karena diajak pemannya. Setiap kali berhasil tersangka mendapatkan bagian Rp 600 ribu.

"Uangnya untuk makan sehari-hari dan pesta minuman keras," ucap Choirul Anam. Dari tangan tersangka, polisi menyita satu unit motor Honda Supra L 5175 YO beserta STNK. (rus/rek)

(sb/rus/jay/JPR)

 TOP