alexametrics
Jumat, 16 Apr 2021
radarsurabaya
Home > Surabaya
icon featured
Surabaya

Polda Berlakukan 8 Titik Penyekatan Antisipasi Mudik Lebaran

07 April 2021, 21: 55: 24 WIB | editor : Wijayanto

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA - Polda Jatim  akan melakukan penyekatan di delapan titik perbatasan guna mengantisipasi gelombang pemudik dari luar daerah pada lebaran 2021. Penyekatan ini dianggap perlu dilakukan dalam upaya mengendalikan penyebaran Covid-19 di Jatim.

Delapan titik yang disekat di Jatim itu diantaranya, perbatasan Tuban, Bojonegoro-Cepu, Ngawi- Mantingan-Sragen jalur biasa, Ngawi-Mantingan-Sragen jalur tol, Magetan-Larangan, Ponorogo-Wonogiri, Pacitan-Wonogiri, dan Pelabuhan Ketapang-Banyuwangi. Check point lainnya juga dilakukan di Terminal Bus Kertonegoro, Ngawi, dan Terminal Bus Kembang Putih, Tuban.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengatakan, saat melakukan penyekatan, petugas akan mengecek berkas persyaratan perjalanan pengendara yang melintas. Jika tidak memenuhi syarat, maka pengendara akan melakukan swab antigen. “Kami nanti akan lebih mengedepankan protokol kesehatan, nanti banyak alat swab antigen untuk pengendara yang melintas," katanya.

Baca juga: Mulai Dibangun, Ciputra Optimis Tower Alessandro Serah Terima 2022

Untuk melaksanakan giat ini, personel kepolisian yang bertugas di lapangan juga akan ditambah. Nantinya juga akan melibatkan petugas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim. Meski begitu, pihaknya belum bisa memastikan kapan penyekatan itu akan dilakukan. Begitu juga jumlah detail personel yang akan diterjunkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim, Nyono mengatakan bahwa, orang yang melakukan perjalanan sebenarnya tidak dilarang. Hal ini telah diatur dalam Surat Edaran (SE) Gugus Tugas Nasional Nomor 12 Tahun 2021. Namun yang ditekankan adalah larangan mudik yang menyebabkan adanya kedatangan orang dari satu daerah ke daerah lain. “Larangan mudik ini berlaku bagi semua kalangan. Bahkan orang yang sudah divaksin juga dilarang mudik,” tegasnya.(rus/mus/rak)

(sb/mus/rus/jay/JPR)

 TOP