alexametrics
Jumat, 16 Apr 2021
radarsurabaya
Home > Hukum & Kriminal Surabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Empat Sekawan Rampas Ponsel, Uangnya untuk Pesta Miras

07 April 2021, 16: 50: 04 WIB | editor : Wijayanto

KOMPAK: Kapolsek Sukomanunggal Kompol Esti Setija Oetami menginterogasi para tersangka perampas HP.

KOMPAK: Kapolsek Sukomanunggal Kompol Esti Setija Oetami menginterogasi para tersangka perampas HP. (M MAHRUS/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA-Empat sekawan yang tinggal di Jalan Putat Gede Timur, Surabaya, kompak dipenjara. Mereka terbukti merampas ponsel milik Setiawan, 22, pengunjung warung kopi (warkop) di Jalan Simo Pomahan I, Surabaya. Ironisnya, para pelaku merampas ponsel untuk digunakan pesta minuman keras (miras).

Tersangka M Rifai, 22; Oki Dwi Prasetyo, 19; Ahmad Alfian, 23; dan M Basarudin, 23. "Keempat tersangka berteman. Mereka tinggal sekampung," ujar Kapolsek Sukomanunggal Kompol Esti Setija Oetami.

Menurut dia, kasus perampasan bermula saat Rifai dan Oki berboncengan sepeda motor Honda Vario L 5753 XN berkeliling mencari sasaran. Setibanya di warkop Jalan Simopomahan I, Oki turun dan berpura-pura membeli es dan rokok eceran.

Baca juga: 8 Taman Kota Jadi Pilot Project Pembukaan Pasca Pandemi

Saat itu, Oki melihat Setiawan, 22, warga Bukit Golf, asyik memegang ponsel merek Oppo bermain game online di warkop. Pelaku sempat meminjam korek korban. Tanpa basa-basi, Oki lalu merampas ponsel milik korban yang saat itu lengah. 

Bahkan, korban juga didorong hingga jatuh. Kemudian Oki kabur. Tak terima ponselnya dirampas, korban bangkit mengejar pelaku dan berteriak maling. Oki lalu menuju ke Rifai yang menunggu di motor. 

Sialnya, saat itu Rifai keburu ditangkap penjaga warkop dan warga setempat. Rifai lalu dihajar warga di jalan. Sedangkan, Oki berhasil kabur membawa ponsel curian. "Di dalam soft case HP juga terdapat uang Rp 700 ribu. Yang kami tangkap Rifai berperan sebagai joki," sebutnya.

Kanit Reskrim Polsek Sukomanunggal Iptu Marji Wibowo menambahkan, setelah melakukan pemeriksaan, tersangka Rifai menyebut nama Oki yang merampas ponsel korban. Oki bersama dua temannya lalu diringkus. "Setelah merampas ponsel, Oki menyerahkan ponsel ke Basarian dan Avian. Para pelaku satu kampung," ucapnya. 

Oki dan Rifai mengaku nekat merampas ponsel korban karena butuh uang untuk membeli miras. "Baru sekali. Rencana uangnya untuk pesta miras," ujar Oki. (rus/rek)

(sb/rus/jay/JPR)

 TOP