alexametrics
Jumat, 16 Apr 2021
radarsurabaya
Home > Surabaya
icon featured
Surabaya

Jelang Bulan Puasa, Khofifah Pastikan Stok Pangan Aman

06 April 2021, 18: 47: 01 WIB | editor : Wijayanto

SIAP: Gubernur Khofifah memastikan stok pangan untuk bulan Ramadan di Jatim aman.

SIAP: Gubernur Khofifah memastikan stok pangan untuk bulan Ramadan di Jatim aman. (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA-Bulan Ramadan tinggal sepekan lagi. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan stok kebutuhan pokok aman menjelang Ramadan 1442 Hijriah. Dia berharap masyarakat tidak melakukan pembelian secara berlebihan.

“InI untuk menjaga keberadaan stok dan stabilitas harga. Jadi, jangan ada yang kemudian memborong berlebihan. Semua kita jaga. Insya Allah, semua stabil dan stok aman,” ujar Khofifah.

Mantan menteri sosial itu menegaskan, beras menjadi komoditas yang stoknya paling aman. Hal itu karena saat ini tengah memasuki masa panen. “Beras malah sekarang oversupply. Gula, daging ayam, telur, juga semua dalam keadaan sangat aman,” katanya.

Baca juga: Tanggap Bencana NTB-NTT, BRI Group Salurkan Bantuan ke Warga Terdampak

Selain stok aman, Khofifah mengatakan, harga komoditas saat ini cenderung stabil. Bahkan, ada juga yang turun harga.  “Untuk beras dan telur saat ini sudah turun harganya,” jelasnya.

Untuk beras, Khofifah mengatakan, kabupaten/kota penyumbang terbesar produksi padi. Di antaranya, Lamongan dengan produksi sebesar 886.060,99 ton, Ngawi dengan produksi 837.773,15 ton, Bojonegoro dengan produksi 728.915,12 ton. Kemudian, Jember dengan produksi sebesar 590.263,37 ton, Tuban dengan produksi sebesar 507.053,88.

“Kenaikan produksi padi ini dipengaruhi oleh meningkatnya luas panen padi pada tahun 2020 sebesar 1,75 juta hektare. Jadi, ada kenaikan sebanyak 51,95 ribu hektare atau 3,05 persen dibandingkan 2019,” katanya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur Drajat Irawan mengatakan, yang mengalami penurunan harga adalah telur yakni Rp 20.000 per kilogram.  Sementara harga komoditas lain menurutnya stabil atau sesuai harga eceran tertinggi (HET). (mus/rek)

(sb/mus/jay/JPR)

 TOP