alexametrics
Jumat, 16 Apr 2021
radarsurabaya
Home > Surabaya
icon featured
Surabaya
Rayakan HUT Ke-728

Pemkot Surabaya Hapus Denda PBB Mulai 1 April-30 Juni

05 April 2021, 02: 14: 17 WIB | editor : Wijayanto

DIHAPUS: Pemkot Surabaya menghapus denda pembayaran PBB untuk rayakan HUT 728 Kota Surabaya.

DIHAPUS: Pemkot Surabaya menghapus denda pembayaran PBB untuk rayakan HUT 728 Kota Surabaya. (ISTIMEWA/DREAM)

Share this      

SURABAYA–Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menghapuskan denda pajak bumi dan bangunan (PBB) dalam rangka HUT ke-728 Kota Surabaya yang berlaku mulai 1 April hingga 30 Juni 2021.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pajak Daerah (BPKPD) Kota Surabaya Rachmad Basari mengatakan, pembebasan denda itu tertuang dalam Perwali Surabaya Nomor 9 Tahun 2021 tentang Penghapusan Sanksi Administratif Denda Pajak Bumi dan Bangunan kepada masyarakat Kota Surabaya tahun 2021 dalam rangka HUT ke-728 Surabaya.

”Sebenarnya pembebasan denda pada saat HUT merupakan insentif yang diberikan pemerintah kepada warga secara rutin,” katanya.

Baca juga: Pemprov Jatim Perketat Jalur Mudik Pekerja Migran

Namun, karena saat ini kondisinya pandemi Covid-19, pemkot melakukan relaksasi dengan memperpanjang masa pembebasan denda. Biasanya pembebasan denda diberlakukan selama satu bulan, kini diperpanjang menjadi menjadi tiga bulan. ”Jadi, kami berlakukan selama tiga bulan. Untuk pembebasan denda tunggakannya dimulai dari tahun 1994 sampai 2021,” ujarnya.

Basari optimistis tahun 2021 tersebut target tercapainya lebih besar dibandingkan tahun lalu. Sebab, pergerakan pemulihan ekonomi cukup melaju dari pada 2020 saat pertama pandemi. ”Jadi, kami optimistis lebih tinggi dan lebih baik dari tahun sebelumnya. Kami akan semakin masif mensosialisasikan kepada warga,” ujarnya.

Bahkan, ia menegaskan informasi serta sosialisasi pembebasan denda itu terus digalakkan. Dia menghitung ada sedikitnya 15 mobil pajak yang setiap hari keliling di kantor kelurahan untuk melayani warga membayar pajak.

”Kami minta warga unutk saling menginformasikan. Saling membagikan informasi supaya semakin masif,” katanya. (rmt/rek)

(sb/rmt/jay/JPR)

 TOP