alexametrics
Kamis, 15 Apr 2021
radarsurabaya
Home > Sportainment Surabaya
icon featured
Sportainment Surabaya

Ditahan Imbang Persela, Bajul Ijo Lolos ke Perempat Final

04 April 2021, 08: 30: 31 WIB | editor : Wijayanto

KACAMATA: Rency Irwan dikawal ketat pemain Persela saat mendekati gawang lawan.

KACAMATA: Rency Irwan dikawal ketat pemain Persela saat mendekati gawang lawan. (ISTIMEWA/PERSEBAYA.ID)

Share this      

SURABAYA - Persebaya Surabaya dan Persela Lamongan berbagi poin sama dalam laga lanjutan Grup C Piala Menpora 2021, Sabtu (3/4) malam. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, itu berakhir dengan skor kacamata 0-0.

Bermain dengan tempo sedang pada babak pertama, kedua tim asal Jatim ini baru meningkatkan intensitas permainan pada babak kedua. Meski banyak peluang yang dihasilkan oleh kedua tim, namun laga derby Jatim ini tak menghasilkan sebiji gol pun.

Dengan hasil ini, Persebaya berhasil mempertahankan posisi di puncak Klasemen Grup C dan lolos ke perempat final Piala Menpora 2021 dengan poin sementara 7 dari tiga kali pertandingan. Masih ada satu laga tersisa untuk tim berjuluk Bajul Ijo ini, yakni melawan PSS Sleman pada Rabu (7/4) mendatang.

Baca juga: ASN yang Nekat ke Luar Kota saat Libur Panjang akan Disanksi

Di babak pertama, pasukan Aji Santoso membuka peluang lebih dulu melalui tendangan bebas Kemaludin pada menit ke-13. Sayang, tendangan yang meluncur deras itu masih menyamping di sisi kanan gawang Persela yang dijaga kiper tangguh, Dwi Kuswanto.

Meski menguasai permainan di separo babak, namun tim yang dikapteni Rachmat Irianto ini belum dapat menembus pertahanan rapat Persela. Pada menit ke-27, Laskar Joko Tingkir akhirnya berhasil membuat peluang pertama lewat tendangan bebas di depan garis kotak penalti.

Namun Syahroni  yang menjadi eksekutor belum bisa memanfaatkan peluang emas tersebut karena sepakannya melebar tipis di kanan gawang Persebaya. Setelah itu, Persela sedikit demi sedikit mulai ganti menguasai permainan.

Namun, Persebaya tak mau kalah dan kembali mencetak peluang emas melalui Ady Setiawan pada menit ke-38. Sayang tendangan keras Ady mampu ditepis kiper Dwi Kuswanto yang melakukan penyelamatan gemilang. Setelah peluang tersebut, tak ada lagi ancaman yang dapat dilakukan Persebaya maupun Persela sampai turun minum.

Kesulitan mencetak gol di babak pertama membuat Aji Santoso merombak lini tengahnya di babak kedua. Rendi Irwan dan Ricky Kambuaya masuk menggantikan Hambali Tholib dan Muhammad Kemaluddin. Oktafianus Fernando juga dimasukkan menggantikan Supriadi.

Pergantian tersebut mampu menghidupkan kembali motor serangan Bajol Ijo. Kombinasi Rendi dan Kambuaya mampu memberikan servis apik untuk ke barisan depan. Terbukti pada menit ke-51, Samsul Arif mendapatkan peluang emas. Tapi lagi-lagi, sepakan yang menyusur tanah masih dapat diamankan kiper Persela.

Sementara itu, Persela juga memberikan tekanan yang cukup berbahaya. Beberapa kali striker baru Lamongan, Melvyn Lorenzen mampu membuat Rachmat Irianto dan Rizky Ridho kerepotan. Mantan pemain Persebaya, Nasir mampu berhadapan satu lawan satu dengan Rizky Ridho. Beruntung sepakannya mampu diamankan dengan baik oleh Satria Tama.

Di sisa pertandingan, Persebaya justru lebih banyak tertekan. Beruntung penjaga gawang Satria Tama tampil gemilang dengan mencatatkan sedikitnya empat penyelamatan krusial. Dan membuat laga berakhir dengan skor imbang 0-0. (jay)

(sb/jay/jay/JPR)

 TOP