alexametrics
Jumat, 16 Apr 2021
radarsurabaya
Home > Hukum & Kriminal Surabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Curi Tiga Handphone Tetangga Kos, Divonis 6 Bulan

31 Maret 2021, 06: 54: 49 WIB | editor : Wijayanto

Terdakwa Ainul Malik

Terdakwa Ainul Malik (GINANJAR ELYAS SAPUTRA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Ainul Malik terbukti bersalah melakukan pencurian di dekat kamar kos kakaknya Aris Fahrizal yang tak lain tetangga Aris, yakni Moch Ikhwan Imanudin. Akibat perbuatannya, terdakwa divonis hukuman enam bulan penjara oleh majelis hakim PN Surabaya.

Terdakwa dikenakan pasal 363 tentang pencurian dan pemberatan yang menyebabkan korban Ikhwan rugi Rp 12 juta. Tiga ponsel tetangga kakaknya itu dijual oleh terdakwa. 

“Menyatakan terdakwa Ainul Malik bersalah secara sah dan meyakinkan melanggar pasal 363 tentang pencurian dan pemberatan. Terdakwa divonis hukuman enam bulan penjara,” kata hakim PN Surabaya di ruang Garuda II.

Baca juga: Angkat Tema Keluarga dengan Visual Hewan dan Alam

Setelah mendengarkan putusan tersebut, terdakwa langsung menerima. Begitu pula Jaksa Penuntut Umum (JPU) Riny NT yang juga menyatakan terima putusan majelis hakim.

Ainul pada 13 Desember 2020 lalu bertamu di indekos kakaknya Aris di Jalan Simo Pomahan Gang 6 Surabaya. Saat akan naik ke lantai dua ke kamar kos Aris, terdakwa melihat tiga unit handphone di kamar Ikhwan. 

Dirasa tidak ada orang dan kamar tidak dalam keadaan terkunci, Ainul masuk dengan cara mendorong pintu kamar kost Ikhwan. “Habis mengambil HP itu saya naik ke atas (kamar Aris), habis itu ke warkop Jalan Semarang untuk memposting HP itu untuk dijual di facebook,” jelas Ainul. 

Setelah diposting dan mendapat pembeli, ia diajak untuk cash on delivery (COD) di kawasan Jalan Kedungdoro. Saat bertemu dengan pembeli tersebut, sontak Ainul kaget. Ternyata pembeli HP curian itu adalah pemiliknya sendiri yakni Ikhwan. Tak berkutik, Ainul dilaporkan ke Polsek Tegalsari untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. “Hpnya saat itu ditawar Rp 900 ribu,'' katanya. (gin/rek)

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP