alexametrics
Jumat, 16 Apr 2021
radarsurabaya
Home > Surabaya
icon featured
Surabaya

Pemegang Kartu BPJS Bisa Berobat Gratis di Puskesmas Surabaya

05 Maret 2021, 18: 36: 39 WIB | editor : Wijayanto

TEROBOSAN: Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memaparkan skema jaminan kesehatan untuk warga Surabaya lewat BPJS Kesehatan.

TEROBOSAN: Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memaparkan skema jaminan kesehatan untuk warga Surabaya lewat BPJS Kesehatan. (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA-Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya membuat terobosan baru. Warga Surabaya pemegang kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bisa berobat ke puskesmas mana pun yang ada di Surabaya. Artinya, semua warga Surabaya pemegang kartu BPJS Kesehatan bisa melakukan rujukan di puskesmas mana pun. 

"Nanti juga ada aplikasi untuk masyarakat jadi disiapkan bagi pasien yang gejala ringan, sehingga bisa menghubungi dokter untuk minta rekomendasi obat apa saja yang harus dikonsumsi supaya tidak salah obat," ujar Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Kamis (4/3).

Ia sudah berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan Surabaya untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan untuk warga Surabaya. Selain itu, apabila warga pemegang kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), kemudian non-aktif, Pemkot Surabaya siap menanggung secara otomatis tanpa jeda waktu.

Baca juga: Eri Cahyadi Masuk Bursa Calon Ketua PCNU Surabaya

Tidak hanya itu, apabila warga sebelumnya membayar BPJS secara mandiri kelas satu, kemudian tiba-tiba tidak sanggup membayar, otomatis bisa dimasukkan kelas tiga dan menjadi tanggung jawab pemkot pembayarannya.

Bahkan, Wali Kota Eri Cahyadi menyebut pelayanan kesehatan seperti ini tidak hanya diperuntukkan bagi warga yang kurang mampu, namun bagi warga Surabaya yang mampu tetapi tidak bisa membayar BPJS karena suatu musibah, biaya rumah sakit akan diambil alih dari mandiri menjadi beban pemerintah daerah. (rmt/rak)

(sb/rmt/jay/JPR)

 TOP