alexametrics
Kamis, 15 Apr 2021
radarsurabaya
Home > Surabaya
icon featured
Surabaya

Cuti Bersama Minggu Depan, Penumpang Tetap Wajib Tes Antigen

05 Maret 2021, 17: 05: 51 WIB | editor : Wijayanto

ANTRE: Puluhan calon penumpang KA jarak jauh di Stasiun Surabaya Gubeng antre melakukan tes rapid antigen.

ANTRE: Puluhan calon penumpang KA jarak jauh di Stasiun Surabaya Gubeng antre melakukan tes rapid antigen. (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA-Dinas Perhubungan Jawa Timur belum mengambil kebijakan jelang libur Isra Mikraj pada 11 Maret dan cuti bersama 12 Maret. Meski demikian penerapan, surat tes rapid antigen bagi penumpang jarak jauh tetap berlaku. "Kalau dilihat kemungkinan tidak terjadi lonjakan penumpang. Sebab, masyarakat saat ini sudah jarang bepergian," ujar Kadishub Jatim Nyono.

Namun, calon penumpang wajib menunjukkan hasil tes tapid antigen yang berlaku selama tiga hari.  Selain itu, tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak. "Kecuali penumpang yang ke Bali dan Kalimantan Barat rapid test antigen hanya berlaku satu hari. Kalau daerah lain bisa tiga hari," katanya.

Nyono menambahkan, stasiun kereta api juga memberikan layanan GeNose. Ini sesuai SE Kemenhub Nomor 20 Tahun 2021 dan SE Satgas Covid-19 Nomor 7 Tahun 2021. "Di Jatim ada di Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Madiun, dan Stasiun Malang. Memang saat ini baru stasiun. Sedang kita bahas untuk terminal dan bandara," jelasnya.

Baca juga: Emosi Istrinya Ditarik Tersangka Habisi Korban dengan Pisau Jagal Sapi

Untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA jarak jauh yang sudah lunas dan menyiapkan biaya sebesar Rp 20 ribu. Selama 30 menit sebelum melaksanakan pemeriksaan, calon penumpang dilarang merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan GeNose C19.

Saat pelaksanaan, calon penumpang diminta meniup kantong hingga penuh dan mengikuti arahan dari petugas atau petunjuk yang ada di lokasi pemeriksaan. Hasil pemeriksaan GeNose yang menunjukkan negatif berlaku 3 x 24 jam sejak dikeluarkan dan dapat digunakan di seluruh stasiun keberangkatan KA.

 Khusus untuk keberangkatan selama libur panjang atau libur keagamaan, sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum jam keberangkatan. Tes ini tidak diwajibkan bagi pelanggan di bawah usia lima tahun.

Pemerintah memangkas cuti bersama pada tahun 2021 dari sebelumnya tujuh hari menjadi dua hari, termasuk cuti bersama Idul Fitri. Alasan pemerintah memangkas cuti bersama demi membantu penanganan Covid-19 di masa libur panjang. Sebab, ada kecenderungan kasus naik seusai masa libur. (mus/rek)  

(sb/mus/jay/JPR)

 TOP