alexametrics
Jumat, 05 Mar 2021
radarsurabaya
Home > Surabaya
icon featured
Surabaya

Kuota Haji Surabaya 2.509 JCH, Baru 125 Paspor yang Terkumpul

22 Februari 2021, 21: 48: 51 WIB | editor : Wijayanto

Kuota Haji Surabaya 2.509 JCH, Baru 125 Paspor yang Terkumpul

SURABAYA-Kementerian Agama (Kemendag) saat ini tengah mengumpulkan dokumen paspor untuk persiapan ibadah haji 1442 hijriah yang rencananya akan diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19. 

Hingga saat ini pengumpulan paspor bagi jamaah calon haji (JCH) di Kota Surabaya baru terkumpul ratusan. Sedangkan kouta haji untuk Surabaya mencapai 2.509 JCH.

Kasi Pelaksana Haji dan Umrah Kemenag Kota Surabaya Gatarman mengatakan, sejak mulai dikumpulkan dari lima hari lalu, kini total paspor JCH Surabaya baru 125 paspor. Paspor yang terkumpulkan itu berasal dari dua kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH), sedangkan yang non KBIH atau mandiri baru terkumpul dua JCH. "Baru terkumpul 125 JCH, untuk kita kumpulkan dan kita serahkan ke Kanwil Kemenag Jatim untuk verifikasi dokumen paspor," katanya, Senin (22/2).

Untuk paspor yang sudah kedaluarsa pihaknya meminta kepada JCH untuk segera mengurus paspor. Total paspor yang kedaluarsa mencapai 100 JCH sedangkan untuk yang mutasi paspor ada dua JCH. Oleh karena itu pihaknya mengimbau kepada 31 KBIH atau CJH untuk segara mengumpulkan paspor karena ini berkaitan dengan persiapan keberangkatan ibadah haji 2021 ini.

"Ya kami sudah surati kepada KBIH dan JCH mandiri untuk segera mengirimkan paspor. Karena kalau tidak halangan lagi, kloter I akan masuk ke Asrama Haji pada 14 Juni. Sedangkan 15 Juni kloter I akan terbang ke tanah suci," ungkapnya.

Gatarman menjelaskan, deadline pengumpulan paspor JCH itu hingga 5 Maret. Namun pihaknya memberikan batasan untuk Kemenag Surabaya pada 25 Februari. "Kita berikan kesempatan hingga 25 Februari, tapi tenggat waktu 5 Maret ini sesuai instruksi Kanwil Kemenag Jatim" jelasnya.

Bahkan untuk ibadah haji tahun ini akan visa haji sudah tidak lagi diurus secar kolektif di Jakarta, melainkan dari wilayah provinsi masing-masing. "Untuk mempermudah dan mempercepat proses pengurusan visa," imbuhnya. 

Terkait rencana vaksinasi Covid-19 bagi JCH, Gatarman mengaku bahwa Kemenag RI sudah mendata seluruh jamaah yang akan berangkat pada haji 2021.  "Itu kami menunggu dari pusat. Tapi sudah didata semua untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 sebelum keberangkatan ke tanah suci," katanya.

Selain itu, dengan JCH yang sudah mengambil biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) Gatarman meminta agar segera ada pelunasan kembali. Untuk biaya pelunasan akan disesuaikan dengan biaya haji tahun 2021.

"Saat ini yang mengambil biaya pelunasan ada 11 orang. Jadi 11 orang itu nanti akan melunasi biaya pelunasan yang sudah diambil sebelumnya sesuai dengan biaya haji tahun 2021 yang besarannya masih menunggu ditetapkan," pungkasnya. (rmt/nur)

(sb/rmt/jay/JPR)

 TOP