alexametrics
Sabtu, 06 Mar 2021
radarsurabaya
Home > Surabaya
icon featured
Surabaya

Sisa Pengerjaan Rumah Pompa Petekan Ditenderkan

22 Februari 2021, 17: 52: 25 WIB | editor : Wijayanto

BELUM SELESAI: Suasana pengerjaan proyek rumah pompa Petekan di kawasan Kalimas.

BELUM SELESAI: Suasana pengerjaan proyek rumah pompa Petekan di kawasan Kalimas. (DOK/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA-Pembangunan pintu air rumah pompa Petekan sisi timur yang sempat terhenti kini bakal dilanjutkan. Saat ini Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Kota Surabaya telah membuka tender dengan pagu anggaran senilai Rp 4,4 miliar.

Kepala Bidang Pematusan DPUBMP Kota Surabaya Eko Yuli Prasetya menjelaskan, pembuakaan tender itu dilakukan setelah kontrak dengan pelaksana pekerjaan tersebut habis. Kata dia, pelaksanaan selanjutnya itu adalah pembangunan kelengkapan rumah pompa secara keseluruhan. ”Jadi konteks tender kali ini itu melengkapi bangunan bukan membangun dari awal,” katanya.

Dia mengungkapkan pembukaan tender sejak 10 Februari lalu. Kini tender telah memasuki tahap mengunggah dokumen penawaran. Butuh delapan tahapan untuk dapat memutuskan dan penandatangan kontrak. 

Eko menjelaskan, secara keseluruhan bangunan yang berkaitan dengan fungsi rumah pompa sudah selesai dilakukan. Terlebih lagi masing-masing pompa sudah dapat berfungsi mengurangi debit air sungai Kalimas. 

Kemudian, dalam tahap kelengkapan ini nantinya untuk membangun beberapa atap sekaligus rumah motor pengerak pintu air 12 meter yang berada di sisi timur Lantamal. Serta rumah motor penggerak pintu sisi barat Pelindo yang berukuran 7 sampai 10 meter. ”Maka dari itu, titik tekannya pada melengkapi. Agar lebih sempurna lagi,” jelasnya.

Rumah pompa Petekan merupakan proyek besar penanganan banjir Pemkot Surabaya. Sarana pencegah banjir tersebut mampu menggantikan peran 20 rumah pompa di Surabaya Pusat dan Utara. Selain itu, rumah pompa yang dibangun dengan anggaran total lebih dari Rp 40 miliar tersebut diprediksi menjadi pengendali utama aliran Kalimas.

Eko mengungkapkan, pengerjaan itu merupakan pengerjaan penunjang secara keseluruhan, sehingga ada kualifikasi khusus yang diinginkan oleh Pemkot Surabaya, yakni, memiliki keahlian instalasi listrik. Menurut dia, keahlian dalam instalasi listrik itu diperlukan dalam proses melengkapi bangunan rumah pompa secara keseluruhan.

Sebab, nantinya berkaitan dengan kelangsungan motor penggerak pintu air. Ditanya tentang batas waktu pelaksanaan tender, Eko memilih menunggu hasil sesuai rundown yang berakhir pada Maret mendatang.  ”Kalau sudah selesai nanti bakal diinformasikan,” pungkasnya. (rmt/nur)

(sb/rmt/jay/JPR)

 TOP