alexametrics
Jumat, 05 Mar 2021
radarsurabaya
Home > Surabaya
icon featured
Surabaya

Dampak Banjir Dahsyat di Jakarta, Ribuan Penumpang KA Batal Berangkat

22 Februari 2021, 05: 15: 59 WIB | editor : Wijayanto

TERDAMPAK: Sejumlah calon penumpang menunggu keberangkatan kereta api di Stasiun Pasar Turi Surabaya.

TERDAMPAK: Sejumlah calon penumpang menunggu keberangkatan kereta api di Stasiun Pasar Turi Surabaya. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Banjir dahsyat yang merendam Jakarta mulai Sabtu (19/2) dini hari membuat akses transportasi dari dan ke Ibu Kota tersebut terputus. Ribuan penumpang kereta api yang akan menuju Jakarta atau sebaliknya gagal berangkat.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya dan Daop 1 Jakarta membatalkan perjalanan kereta api jurusan Jakarta. Manajer Humas Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan, mulai Minggu (21/2) keberangkatan penumpang KA tujuan Jakarta dibatalkan sebagai imbas banjir di Daop 1 Jakarta. “Saat ini, mulai Minggu kami tiadakan perjalanan kereta yang tujuan Jakarta atau sebaliknya. Sampai menunggu kabar dari Daop 1 Jakarta terkait situasi banjir,” katanya.

Luqman menjelaskan, saat ini ruas jalur petak jalan antara Kedunggedeh hingga Lemah Abang di kilometer (KM) 55+100 sampai KM 53+600 terendam air mencapai 150 sentimeter. Akibatnya, jalur rel tergenang. Agar kondisi rel kereta tidak semakin rusak parah, tim prasarana KAI terus melakukan perbaikan secara berkala.

Salah satunya dengan menurunkan bantalan beton pada rel yang tergenang air. “Banjir yang mengalir cukup deras mengakibatkan fondasi batu pada rel tergerus air. Tapi saat ini tim prasarana sudah melakukan perbaikan,” ucapnya.

Dengan pembatalan perjalanan itu, seluruh tiket penumpang dikembalikan 100 persen. Pihak KAI sudah menghubungi para penumpang melalui WhatsApp (WA) terkait pembatalan dan pengembalian uang. “Para penumpang yang berangkat dari stasiun di wilayah Daop 8 Surabaya, baik Stasiun Pasar Turi, Gubeng, hingga Malang Kota akan kami kembalikan uangnya 100 persen,” ungkapnya.

Menurut Luqman, pengembalian itu bisa melalui loket yang tersedia di stasiun atau bisa melalui transfer. “Saat ini petugas kami sedang melayani pengembalian uang penumpang KA tujuan Jakarta,” katanya.

Pihak PT KAI menyampaikan permohonan maaf atas gangguan perjalanan kereta api yang terjadi di wilayah Daop 1 Jakarta yang akibat banjir. Dia berharap banjir di ibu kota segera ditangulangi sehingga perjalanan kereta api normal kembali. (rmt/rek)

(sb/rmt/jay/JPR)

 TOP