alexametrics
Jumat, 05 Mar 2021
radarsurabaya
Home > Politik Surabaya
icon featured
Politik Surabaya

17 Kepala Daerah Terpilih Bakal Dilantik Pekan Depan

21 Februari 2021, 01: 00: 59 WIB | editor : Wijayanto

Kabiro Administrasi Pemerintahan dan Otoda Provinsi Jatim Jempin Marbun

Kabiro Administrasi Pemerintahan dan Otoda Provinsi Jatim Jempin Marbun (ISTIMEWA/HUMAS PEMPROV)

Share this      

SURABAYA-Sebanyak 17 kepala daerah terpilih di Jawa Timur akan dilantik pekan depan. Ini setelah tiga sengketa pilkada telah ditolak Mahkamah Konstitusi (MK).

"Pelantikan akan digelar antara 25-26 Februari jika tidak ada hambatan.  Artinya, pelantikan digelar hanya sehari. Kita masih menunggu arahan mendagri" ujar Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Provinsi Jatim Jempin Marbun.

Jempin mengaku belum tahu apakah proses pelantikan 17 bupati/wali kota terpilih akan digelar secara offline atau online. Yang pasti, pelantikan akan dilakukan oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.  "Teknisnya masih menunggu instruksi," katanya.

Menurut dia, ada dua kepala daerah yang belum bisa dilantik bulan ini. Yakni bupati-wabup Tuban serta Pacitan. "Tuban dan Pacitan sekitar Mei-Juni. Dikarenakan masa jabatan kepala daerahnya habis di bulan tersebut," terangnya.

Ada 19 kepala daerah terpilih hasil pilkada serentak di Jatim pada 6 Desember 2020. Yakni Kota Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Kota Pasuruan, Tuban, Sumenep, Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Banyuwangi, Jember, Pacitan, Kabupaten Mojokerto, Ponorogo, Ngawi, Trenggalek, Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, dan Situbondo. 

Para kepala daerah terpilih itu awalnya akan dilantik pada 17 Februari 2021. Sedangkan Pacitan dan Tuban pelantikannya sesuai akhir masa jabatan pada Mei-Juni. 

Sebelumnya, Jempin mengatakan bahwa pelantikan para kepala daerah terpilih ditunda karena ada sengketa pilkada di tiga daerah, yaitu Surabaya, Lamongan, dan Banyuwangi. Sedangkan kemendagri menginginkan pelantikan dilakukan secara serentak. (mus/rek) 

(sb/mus/jay/JPR)

 TOP