alexametrics
Sabtu, 31 Jul 2021
radarsurabaya
Home > Ekonomi Surabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya
Bulan K3 Nasional PLN Group

Implementasi Kesiapan K3 Mewujudkan Zero Accident Berkelanjutan

09 Februari 2021, 21: 36: 02 WIB | editor : Wijayanto

LAPORAN IMPLEMENTASI: General Manager PT PLN (Persero) UIP JBTB I & UIP JBTB II Djarot Hutabri EBS saat melaporkan penerapan K3 yang telah dilaksanakan PLN Group di Kompleks PLN Ketintang Surabaya.

LAPORAN IMPLEMENTASI: General Manager PT PLN (Persero) UIP JBTB I & UIP JBTB II Djarot Hutabri EBS saat melaporkan penerapan K3 yang telah dilaksanakan PLN Group di Kompleks PLN Ketintang Surabaya. (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA – Pelaksanaan peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional tahun 2021 di lingkungan PLN Group Kompleks Ketintang Surabaya dilaksanakan secara virtual melalui serangkaian kegiatan terkait pelaksanaan K3 dalam implementasi pekerjaan, Selasa (9/2).

Dibuka oleh General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (UIP JBTB) I & UIP JBTB II, Djarot Hutabri EBS, acara dihadiri oleh seluruh pegawai dan mitra kerja PLN Group di Kompleks PLN Ketintang Surabaya.

Total ada kurang lebih 400 peserta dari PLN UIP JBTB I, PLN UIP JBTB II, PLN UPMK 2, dan anak perusahaan PT Indonesia Comnets Plus SBU Regional Jawa Bagian Timur yang mengikuti kegiatan ini. 

Baca juga: Gelar Webinar di HUT I, JMSI Optimis Jadi Konstituen Dewan Pers

Dalam sambutannya, Djarot menyampaikan laporan pelaksanaan peringatan Bulan K3 Nasional telah dilaksanakan oleh seluruh unit PLN Group di Kompleks PLN Ketintang sesuai dengan instruksi dari Direktur Human Capital Management PLN Kantor Pusat.

Pemenuhan implementasi K3 di unit yang sesuai instruksi Direktur Human Capital and Management PLN Kantor Pusat antara lain merupakan pemasangan bendera K3, spanduk dan standing banner Bulan K3 Nasional tahun 2021, penandatanganan Komitmen Keselamatan dan Kesehatan Kerja Zero Accident tahun 2021 antara PLN, mitra kerja dan pegawai, serta pelaksanaan rangkaian simulasi tanggap darurat.

Selain itu, implementasi juga berupa pelaksanaan lomba K3, forum safety talk, dan sosialisasi safety campaign yang masuk dalam rangkaian agenda peringatan Bulan K3 Nasional secara virtual meeting.

“Dalam rangka peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2021 ini, kami laporkan bahwa implementasi penerapan K3 telah dilaksanakan oleh PLN Group di Kompleks PLN Ketintang Surabaya,” ucap Djarot.

Pada agenda forum safety talk, hadir sebagai narasumber adalah EVP Health, Safety, Security and Enviroment (HSSE) PLN Kantor Pusat, Komang Parmita. Berlangsung dengan durasi 60 menit, safety talk mengusung sub tema “Penguatan Budaya dan Disiplin Eksekusi K3 pada Kegiatan Kelistrikan untuk Mencapai Zero Accident yang Berkelanjutan” dengan materi yang diberikan yaitu membahas tentang “Safety Awareness: Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja, utamanya di lingkungan PLN Group."

Sebagai narasumber berikutnya, PLN Group menghadirkan Pengawas Ketenagakerjaan Spesialis Pesawat Uap Bejana Tekan (PUBT) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur, Warga Bagus Pribadi.

Dalam paparannya, Bagus membahas peranan smart safety dalam lingkungan kerja yang membutuhkan kerja sama yang baik antara seluruh anggota yang terlibat dalam pekerjaan.

“Untuk menciptakan zero accident dalam lingkungan pekerjaan dibutuhkan kerja sama yang baik dari semua pihak untuk mewujudkannya. Tidak bisa hanya salah satu pihak saja yang mewujudkan,” terang Bagus.

Partisipasi aktif pegawai dan mitra kerja PLN Group tampak antusias mengikuti berlangsungnya kegiatan sampai akhir. Termasuk saat mengikuti kuis yang diadakan untuk mengedukasi pegawai dan mitra kerja terkait implementasi K3 di lingkungan kerja.

Sebagai penutup kegiatan, dibacakan pula mengenai Komitmen Keselamatan Kesehatan Kerja tahun 2021 yang telah disepakati dan ditandatangani oleh manajemen, pegawai, dan mitra kerja PLN Group untuk mewujudkan kesiapan memperkuat disiplin eksekusi K3, safety leadership, dan memastikan kesiapan sumber daya mewujudkan zero accident yang berkelanjutan di tahun 2021. (*)

(sb/rul/jay/JPR)

 TOP