alexametrics
Minggu, 24 Jan 2021
radarsurabaya
Home > Surabaya
icon featured
Surabaya

Gedung Baru RS Soewandhie Rampung Akhir Januari

14 Januari 2021, 00: 43: 33 WIB | editor : Wijayanto

DIPERLUAS: Pengendara melintas tak jauh dari bangunan RS Suwandhi di Jalan Kapasan, Surabaya, Selasa (12/1).

DIPERLUAS: Pengendara melintas tak jauh dari bangunan RS Suwandhi di Jalan Kapasan, Surabaya, Selasa (12/1). (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA-Pembangunan gedung baru Rumah Sakit (RS) Soewandhie Surabaya akan segera rampung akhir bulan ini. Gedung baru yang terletak di belakang gedung lama tersebut sedang dalam proses finishing. Sempat molor dari target Desember 2020, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang  (DPRKP CKTR) Kota Surabaya memastikan rampung pada 31 Januari 2021.

Kabid Bangunan Gedung DPRKP CKTR Kota Surabaya Iman Krestian Maharhandono mengatakan, progres rumah sakit Sowandhie sudah mencapai 99 persen. "Tinggal pembersihan lokasi dan proses perapian saja," katanya.

Gedung baru tersebut akan digunakan sebagai ruang radioterapi, rawat inap, hingga ruang operasi. Gedung RSUD baru berdiri di atas lahan yang sekitar 3.600 meter persegi. "Kemungkinan ruang rawat inapnya yang dioperasikan dulu. Ada pemindahan beberapa kamar yang masih diatur oleh pihak rumah sakit," katanya.

Iman mengungkapkan, pengerjaan seharusnya rampung pada Desember 2020 diperpanjang hingga akhir Januari 2021. Ada sejumlah kendala saat pengerjaan karena bersamaan dengan puncak pandemi. Kendalanya utama, para tukang tidak boleh berkumpul dalam jumlah banyak, kemudian PSBB, hingga kesulitan mendatangkan material. "Kendala saat ini sudah tidak ada. Yang ada saat awal-awal pandemi karena ada PSBB," kata Iman.

Sesuai perencanaan, gedung baru ini terdiri dari delapan lantai plus basemen. Namun, dalam pelaksanaan proyek terdapat lima lantai plus satu basemen. Meski sudah akan berakhir pengerjaan, Iman mengatakan pengoperasian gedung baru tersebut akan dilakukan pada bulan Februari. "Karena masih ada beberapa item yang harus dituntaskan baik dari rekening air dan sebagainya. Jadi, mungkin Februari baru dioperasikan," ungkapnya. (rmt/rek)

(sb/rmt/jay/JPR)

 TOP