alexametrics
Minggu, 24 Jan 2021
radarsurabaya
Home > Lifestyle Surabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya

Atasi Jerawat: Cukup Di-peeling Sampai Pemberian Antibiotik

12 Januari 2021, 13: 12: 41 WIB | editor : Wijayanto

ADA LANGKAH-LANGKAHNYA: Dokter kecantikan, dr Daniel Widiyanto saat memeriksa kondisi wajah pasien untuk memberikan perawatan jerawat sesuai dengan jenisnya di klinik kecantikannya di kawasan Manyar.

ADA LANGKAH-LANGKAHNYA: Dokter kecantikan, dr Daniel Widiyanto saat memeriksa kondisi wajah pasien untuk memberikan perawatan jerawat sesuai dengan jenisnya di klinik kecantikannya di kawasan Manyar. (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA – Permasalahan munculnya jerawat pada wajah membuat sebagian wanita tidak pede. Untuk mengatasinya, harus dengan cara yang benar agar aman, selain itu juga dilakukan perawatan sesuai dengan tingkat keparahannya.

Dokter kecantikan dr. Daniel Widiyanto SpAnd menjelaskan, perawatan wajah yang berjerawat harus menyesuaikan penyebab dan jenis jerawatnya. “Jerawat itu memiliki grade masing-masing. Mulai dari komedo hitam, komedo putih, beruntusan, jerawat bernanah dan jerawat batu,” ujar dr. Daniel

Cara perawatannya, biasanya menggunakan cara kombinasi. Misal, perawatan untuk jerawat komedo yang disebabkan adanya sumbatan minyak bisa dilakukan dengan cara peeling dan facial. Hal tersebut dilakukan untuk mengangkat minyak yang menyebabkan sumbatan. 

Tapi, lanjut Daniel, kalau sudah ada peradangan, perawatan yang harus dilakukan adalah peeling ditambah terapi sinar untuk mengurangi peradangan pada jerawat. “Kalau sudah jerawatan, ditambah ada nanahnya harus diberikan antibiotik untuk mengobati nanahnya,” tuturnya.

Menurut Daniel, perawatan jerawat antara satu orang dengan lainnya tidak bisa disamakan, karena penyebab dan jenis jerawatnya berbeda. Selain melakukan perawatan, untuk perawatan jerawat juga harus diimbangi dengan gaya hidup sehat.

“Karena jerawat multi faktorial, salah satunya dari gaya hidup dan makanan. Percuma kalau diobati kulitnya tapi gaya hidupnya tidak berubah,” imbuhnya.

Ia menambahkan, sebelum menentukan perawatan jerawat ada baiknya mencari tahu dulu penyebab jerawat yang timbul. “Mungkin masalahnya bukan dari kulit saja, tapi ada penyebab yang lebih serius,” tandasnya. (gin/nur)

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP