alexametrics
Minggu, 24 Jan 2021
radarsurabaya
Home > Sportainment Surabaya
icon featured
Sportainment Surabaya

Piala Dunia U-20 Ditunda 2023, Renovasi Gelora Bung Tomo Jalan Terus

26 Desember 2020, 02: 04: 10 WIB | editor : Wijayanto

SIAP: Petugas memperbaiki tempat duduk di tribun Stadion GBT.

SIAP: Petugas memperbaiki tempat duduk di tribun Stadion GBT. (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Federasi sepak bola dunia (FIFA), Kamis (24/12), mengumumkan perhelatan akbar Piala Dunia U-20 tahun 2021 diundur hingga 2023. Pandemi Covid-19 menjadi alasan utama FIFA menunda penyelenggaraan turnamen bergengsi yang akan digelar di Indonesia itu.

Kabar mendadak tersebut membuat sejumlah pihak kecewa meski memaklumi alasan pandemi korona yang belum berakhir. Pemkot Surabaya misalnya sudah merenovasi fasilitas yang hendak digunakan seperti stadion, lapangan latihan, hingga fasilitas penunjang lainnya. 

Kota Surabaya yang rencana menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 sudah merenovasi Gelora Bung Tomo (GBT) yang sudah mencapai 90 persen hingga lapangan latihan di Gelora 10 Nopember dan Lapangan Thor. Penghijauan pun terus dilakukan di sekitar GBT.

Tekait informasi pengunduran waktu dari FIFA, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Surabaya Edi Santoso mengaku mendapatkan kabar tersebut dari media sosial (medsos).

Pihaknya kini sedang menunggu keterangan resmi dari PSSI terkait pengunduran Piala Dunia U-20. "Nanti kami koordinasi dulu dengan institusi yang punya kewenangan. Kami ingin dapat kepastiannya," kata Edi.

Terkait renovasi GBT yang sudah mencapai 90 persen, Edi mengatakan akan merapatkan dengan pemkot dan PSSI. "Meski ditunda, pengerjaan  tahun ini sudah seratus persen. Sisanya yang kecil-kecil bisa dilanjutkan lagi. Yang jelas nanti kita rapatkan," katanya, Jumat (25/12).

Edi optimistis Piala Dunia junior itu tetap dilaksanakan di Indonesia. Kota Surabaya sebagai salah satu venue meskipun diundur hingga 2023. "Infonya cuma diundur saja toh, nanti kita pastikan ya," katanya.

Rabu (23/12) lalu, lampu stadion berukuran 1.500 lux sesuai standar FIFA sudah diujicobakan. Tak hanya itu. Single seat pun sudah terpasang semua di GBT.

Kepala Bidang Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Surabaya Iman Krestian Maharhandono mengatakan, pihaknya berencana memasang videotron di stadion kebanggaan warga Surabaya itu.

Rencananya, lelang akan dilakukan pada Januari 2021. Termasuk lelang untuk lampu dekoratif GBT. "Semua lampu stadion utama sudah dipasang. Saat ini masih menata kabel dan panel-panel," katanya. (rmt/rek)

(sb/rmt/jay/JPR)

 TOP