alexametrics
Minggu, 24 Jan 2021
radarsurabaya
Home > Ekonomi Surabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya

Kemendag dan BNI Bersinergi Perkuat Pemberdayaan UKM Jawa Timur

25 November 2020, 21: 10: 08 WIB | editor : Wijayanto

Kemendag dan BNI Bersinergi Perkuat Pemberdayaan UKM Jawa Timur

SURABAYA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI Kantor Wilayah Surabaya salah satu Bank BUMN yang berpartisipasi dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dalam bentuk penyaluran Kredit UKM.Program PEN ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah terhadap UKM untuk dapat menggerakkan kegiatan perekonomian sehingga dapat tetap tumbuh di masa pandemi Covid-19 ini.

Hal tersebut diimplementasikan dengan adanya Penandatanganan Kerja Sama olehKepala Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur, Vice President PT. AAPC Indonesia (Accor), dan Pemimpin BNI Wilayah Surabaya yang disaksikan oleh Sekretaris Jenderal Kemendag, Dirjen PDN dan Asisten Pemerintahan Kesejahteraan Rakyatyang berlangsung di Hotel Grand Mercure Surabaya City,(Rabu, 25 November 2020).

Pada acAra tersebut, Penandatangan Kerja Sama dilakukan oleh Kepala Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Republik Indonesia Ida Rustini,  Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur Drajat Irawan,Vice President PT. AAPC Indonesia (Accor) Adi  Satria danPemimpin BNI Wilayah Surabaya Muhammad Gunawan Putra. 

“Hal yang kami lakukan untuk pemberdayaan UKM adalah dengan pemberian kredit. Hal ini sejalan dengan dengan program pemerintah yaitu program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Dimana pemerintah melalui perbankan memberikan stimulus penyaluran kredit kepada pelaku usaha kecil menengah, sehingga mereka dapat segera bangkit dan bertahan di kondisi pandemi seperti saat ini” Kata Muhammad Gunawan Putra.

Sampai dengan 23 November 2020, BNI Jawa Timur telah menyalurkan KUR sebesar Rp. 4.656,9 M kepada 114.548 debitur. Hal ini mencerminkan bahwa BNI sangat mendukung pemberdayaan usaha kecil dan menengah. Selanjutnya, pada acara Penandatanganan Kerja sama antara BNI dengan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Dinas Perindustrian dan Accor Group bertujuan sebagai landasan kerja sama dalam Pemberdayaan Usaha Kecil Dan Menengah Di Sektor Perdagangan Melalui Pemanfaatan Fasilitas Perhotelan Dan Jasa Akomodasi Serta Penyediaan Layanan Perbankan. 

Peran BNI dalam pengembangan UKM selain pemberian kredit dalam kondisi pandemi saat ini adalah dengan Digitalisasi. Peran BNI dalam digitalisasi adalah memberikan akses kemudahan kepada UKM dalam hal pembayaran, penyaluran, pembiayaan UKM dan Pengembangan Bisnis Rintisan melalui Agen46. BNI telah mendukung digitalisasi pembayaran ritel melalui QR Code Payment , Mesin EDC, serta Layanan Perbankan digital lainnya seperti Mobile Banking, sehingga transaksi dapat dilakukan tanpa harus datang ke Outlet BNI. Salah satu manfaat dari digitalisasi pembayaran tersebut dapat mengurangi kontak fisik antara Pembeli dan Penjual. 

“Selanjutnya, BNI  dapat bersinergi untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pelaku usaha UKM serta dapat membantu pemberdayaan UKM melalui penyaluran KUR di Jawa Timur yang akan dilayani oleh BNI Wilayah Surabaya, “pungkas Gunawan Putra. (Rav)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP