alexametrics
Kamis, 26 Nov 2020
radarsurabaya
Home > Hukum & Kriminal Surabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Palsu Struk, Gondol Rp 154 Juta dari Gudang Sembako

20 November 2020, 02: 10: 59 WIB | editor : Wijayanto

Tersangka Asep Nurdiana

Tersangka Asep Nurdiana (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA-Penipuan dan penggelapan menggunakan struk transfer palsu masih saja terjadi. Kali ini menimpa Agus, warga Ruko Pondok Maritim Indah VIII-A, Balas Klumprik, Surabaya. Ia tertipu barang antara lain minyak goreng, mi instan, dan santan kemasan senilai Rp 154 juta. 

Korban mendapat pesanan tersebut dari tersangka Asep Nurdiana, tinggal di Jalan Kupang Krajan III, Surabaya. Agus yang mengetahui struk tersebut palsu kemudian melaporkan ke Unit Harda Satreskrim Polrestabes Surabaya. 

Polisi akhirnya berhasil menangkap tersangka Asep tak lama setelah laporan dilakukan. "Saat kami tangkap beberapa barang sudah habis dijual tersangka," kata Kanit Harda AKP Giadi Nugraha.

Penipuan itu awalnya ketika korban yang memiliki gudang sembako di Ruko Pondok Maritim Indah VIII-A didatangi seseorang. Pria itu tak lain tersangka Asep. Ia mengaku membutuhkan minyak goreng, mi instan, hingga santan kemasan merek sun kara. Tersangka meminta barang tersebut dikirim. "Tersangka tidak membayar saat itu juga. Ia akan mentransfer uang melalui bank jika barang sudah dikirim," ujar Giadi.

Setelah itu, korban bersama karyawannya mulai mempersiapkan pesanan tersangka senilai Rp 154 juta. Asep yang meninggalkan nomor ponselnya kemudian dihubungi dan mengirim foto struk transfer bank ke rekening korban dengan nilai yang sudah disepakati. "Barang kemudian dikirim dan sudah diterima tersangka. Namun, uangnya ternyata tidak masuk ke rekening korban," katanya.

Polisi akhirnya mencokok Asep di kosnya. Dalam penyidikan ternyata struk tersebut hasil editan di ponselnya. Tersangka tidak pernah melakukan transfer uang. Polisi menyita ponsel serta nota pembelian dan beberapa barang yang masih ada pada tersangka. (gun/rek) 

(sb/gun/jay/JPR)

 TOP