alexametrics
Kamis, 26 Nov 2020
radarsurabaya
Home > Lifestyle Surabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya

Tips Sehat di Musim Pancaroba, Imbangi Olahraga dengan Minum Air Putih

27 Oktober 2020, 15: 55: 30 WIB | editor : Wijayanto

dr. Lili Soetjipto, M.Si

dr. Lili Soetjipto, M.Si (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA - Di musim pancaroba masyarakat, perlu mempersiapkan kesehatan tubuh lebih ekstra. Apalagi saat ini juga dibarengi dengan pandemi virus corona (Covid-19), tentu harus lebih berhati-hati. Dokter umum di RS Adi Husada (RSAH) Undaan Wetan Surabaya dr. Lili Soetjipto, M.Si menjelaskan beberapa hal yang perlu dipersiapkan ketika memasuki pergantian musim dari panas ke penghujan.

Menurut dr. Lili di kondisi seperti saat ini yang pertama dilakukan adalah tetap sesuai protokol kesehatan Covid-19 dari pemerintah. Yakni hindari kerumunan, memakai masker, serta tidak lupa rutin mencuci tangan. “Jadi ya kalau memang nggak penting-penting banget nggak usah keluar rumah dulu. Kan bahaya, ketambahan Corona,” ujar dr. Lili, kemarin.

Di saat pergantian musim, menurut dr. Lili, penyakit yang sering muncul adalah diare dan influensa. Terlebih pada musim hujan dengan suhu tidak menentu, seperti panas atau dingin pada siang dan malam hari. “Nah kan, hujan-hujan pasti rawan itu batuk pilek. Jadi pakai masker kalau bisa didobel, agar saluran napas kita tidak terinfeksi virus,” jelas dr. Lili.

Selain itu, dr. Lili juga mengingatkan masyarakat agar rutin meminum air putih agar tubuh tidak mengalami hidrasi. Karena ketika tubuh mengalami hidrasi, maka tubuh akan mudah terinfeksi virus. Dalam kondisi seperti ini, lanjut dia, pasien biasanya banyak yang mengeluhkan demam, meriang, panas tinggi dan tiba-tiba suhu tubuhnya menurun.

“Di situasi seperti ini bisa jadi penyebabnya utamanya tubuh mengalami dehidrasi, kurang istirahat, dan asupan gizi yang kurang. Kalau bisa istirahat cukup, makan empat sehat lima sempurna, vitamin, dan banyak-banyak minum air mineral agar suhu tubuh tetap stabil,” paparnya.

Ketika cuaca mulai tidak menentu, dia tetap menyarankan berolahraga. Tapi dengan olahraga ringan yang tidak mengeluarkan banyak keringat dan tidak pada tempat yang panas. “Yang terpenting jangan beraktifitas berlebih agar tidak keluar keringat banyak, gizi dan istirahat cukup serta hidrasi tubuh diperhatikan. Jangan lupa juga patuhi protokol kesehatan,” pungkasnya. (gin/jay)

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP