alexametrics
Kamis, 26 Nov 2020
radarsurabaya
Home > Politik Surabaya
icon featured
Politik Surabaya
Beri Solusi Atasi Pengangguran

Machfud Arifin: Berikan Kail agar Bisa Mencari Ikan

26 Oktober 2020, 11: 57: 44 WIB | editor : Wijayanto

Machfud Arifin memotivasi warga agar bangkit dari pandemi Covid-19.

Machfud Arifin memotivasi warga agar bangkit dari pandemi Covid-19. (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA - Calon Walikota Surabaya nomor urut 2, Machfud Arifin memang dikenal sebagai figur yang selalu memberikan solusi terhadap berbagai persoalan masyatakat Kota Pahlawan. Seperti halnya, terkait permasalahan pengangguran yang ada di Kota Surabaya. 

"Kita akan berikan kail untuk mencari ikan, disamping kita berikan bantuan lapangan kerja juga akan kita ciptakan lapangan kerja baru," ungkap Cak Machfud.

Lebih lanjut, pria kelahiran Ketintang inj menargetkan menciptakan 100 ribu lapangan kerja untuk masyarakat. Tentunya hal ini dapat tercapai dengan menyinergikan program pemerintah dan pihak swasta.

Salah satu cara yang ia kemukakan adalah dengan mempermudah perizinan tempat usaha. 

"Jika banyak usaha baru yang bermunculan maka akan berkorelasi terhadap penciptaan lapangan kerja, Insya Allah dengan ini permasalahan pengangguran dapat teratasi di Kota Surabaya" ujar Cak Machfud.

Sebagaimana diketahui, di tengah masa pandemi ini semakin banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan karena pemutusan hubungan kerja. Berdasarkan data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) tahun 2019, masih terdapat  237,601 warga yang berumur 15 hingga di bawah 60 tahun yang belum bekerja di Kota Surabaya. 

Sedangkan berdasarkan data dari Disdukcapil Surabaya per Januari 2019, Kota Pahlawan memiliki 3,095,026 penduduk. Dari data ini, warga yang wajib memiliki KTP atau dapat bekerja secara legal berjumlah 2,325,509 warga.

Dengan kata lain 5 persen dari warga Surabaya masih belum memiliki pekerjaan. Belum lagi banyak warga luar kota yang bermukim di Surabaya untuk mengadu nasib. (*)

(sb/rud/jay/JPR)

 TOP