alexametrics
Sabtu, 31 Oct 2020
radarsurabaya
Home > Surabaya
icon featured
Surabaya

Persiapan Pembelajaran Tatap Muka, 7.567 Guru SMP Dites Swab

16 Oktober 2020, 14: 22: 37 WIB | editor : Wijayanto

DETEKSI CORONA: Sejumlah guru menjalani tes Swab di Gelora Pancasila, Surabaya.

DETEKSI CORONA: Sejumlah guru menjalani tes Swab di Gelora Pancasila, Surabaya. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Uji usap atau tes swab bagi guru-guru terus dilakukan oleh Pemkot Surabaya. Testing itu untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, sekaligus persiapan pembelajaran tatap muka. Tes swab dilakukan di Gelora Pancasila serta puskesmas-puskesmas terdekat.

Kabag Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara mengatakan, jumlah guru SMP di seluruh Kota Surabaya tidak sebanyak guru sekolah dasar (SD). Karena itu, pelaksanaan tes swab bisa lebih cepat. "Ada 7.567 guru SMP. Insya Allah, bisa lebih cepat, tapi tergantung dinas kesehatan," kata Febri, Kamis (15/10).

Total guru SMP negeri dan swasta di Kota Surabaya sekitar 7.000 orang. Sementara guru SMP yang sudah tes swab sekitar 700 orang. "Prosesnya masih berjalan," katanya.

Nah, dari 7.567 guru SMP itu, menurut Febri, beberapa di antaranya sudah tes swab bersamaan dengan guru SD. Total guru negeri dan swasta yang ada di Surabaya 21.281 orang. Guru SD total ada 14.254 dan guru SMP total 7.567 orang.

Febri menjelaskan, setiap hari puskesmas-puskesmas di seluru Surabaya juga melakukan tes bekerja sama dengan Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya. Mereka melakukan tracing bagi guru yang positif. "Kami kirim data ke dinkes nama sekolahnya, sesuai wilayah kerja puskesmasnya. Agar bisa dilakukan tracing dan swab," terangnya.

Upaya tes swab masif ini, menurut Febri, agar guru-guru dan anggota keluarganya aman dari penyebaran Covid-19. Karena itu, test swab jangan sampai dihindari para guru. "Biar tahu kondisinya. Jangan dirasa itu memalukan, apa pun hasilnya, untuk keamanan keluarga kita," tegasnya.

Informasi yang dihimpun Radar Surabaya, Kamis (15/10), dilakukan tes swab untuk guru SMPN 27 Surabaya di Puskesmas Sawah Pulo. Pelaksanaan uji usap dimulai sejak Kamis pagi hingga Sabtu (17/10) dengan total 60 orang. Setiap harinya dites 20 orang. Setelah itu, tiga hari berikutnya akan dilakukan tes swab bagi guru SMPN 11. (rmt/rek)

(sb/rmt/jay/JPR)

 TOP