alexametrics
Minggu, 25 Oct 2020
radarsurabaya
Home > Surabaya
icon featured
Surabaya

Aquarium KBS Dongkrak Pengunjung 5 Persen

15 Oktober 2020, 12: 31: 56 WIB | editor : Wijayanto

DIBUKA: Wahana Aquarium di KBS dilengkapi dengan papan informasi untuk memudahkan pengunjung memahami koleksi.

DIBUKA: Wahana Aquarium di KBS dilengkapi dengan papan informasi untuk memudahkan pengunjung memahami koleksi. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

sSURABAYA - Wahana Aquarium di Kebun Binatang Surabaya (KBS) sudah dibuka sejak awal September lalu. Kini pengunjung bisa menikmati wahana fauna air ini dengan hanya membayar karcis Rp 15 ribu. Dengan mengedepankan protokol kesehatan (prokes), pengunjung Aquarium KBS dibatasi koutanya hanya 40 orang.

Humas Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS, Mieke Dian Sukma mengatakan, pembukaan Aquarium untuk mengobati rasa kangen pengunjung. Karena sejak KBS dibuka, pengunjung hanya menikmati satwa di sekitarnya, tanpa bisa masuk ke dalam wahana.

Tentunya pembukaan wahana ini tidak serampangan. Pihak KBS juga sudah berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jatim. "Jadi kita siapkan dulu prokesnya, karena ini kan di dalam ruangan. Jadi kami pikirkan matang seperti penggunaan AC yang rentan terhadap penyebaran virus saat di dalam ruangan. Kita ganti dengan blower yang ada di bawah, sehingga pengunjung tidak merasa gerah," ungkapnya, kemarin.

Setiap pengunjung juga wajib berjalan sesuai dengan arah panah baik masuk maupun keluar. Mieke mengungkapkan pada saat weekend, jumlah pengunjung di Aquarium bisa meningkat hingga 200 orang. "Kenaikan jumlah pengunjung setelah dibukanya wahana ini sebesar lima persen dibanding sebelumnya," ungkapnya.

Pihaknya juga rutin melakukan penyemprotan disinfektan sebanyak tiga kali dalam sehari. Yakni sebelum buka, setelah sesi pertama pada pukul 11.30, dan saat akhir sesi kedua pada pukul 15.30.

Satu pengunjung, Heru dari Kediri mengaku senang dengan dibukanya kembali wahana Aquarium di KBS. Karena di tengah tatanan kebiasan baru, pengunjung tetap bisa berwisata meskipun dengan prokes yang ketat. Heru mengajak istri dan dua anaknya mengunjungi KBS. "Untungnya wahana sudah dibuka, jadi ya mengobati kangen melihat satwa di KBS," ungkapnya.

Di wahana Aquarium ini, pengunjung bisa menikmati berbagai jenis ikan air tawar. Mulai ikan arwana papua, paku albino, silver dollar dan sebagainya. Sedangkan jenis ikan yang hidup di air laut seperti nemo, dakocan, dan hiu sirip hitam. (rmt/jay)

(sb/rmt/jay/JPR)

 TOP