alexametrics
Sabtu, 31 Oct 2020
radarsurabaya
Home > Sportainment Surabaya
icon featured
Sportainment Surabaya

4 Pemain dan 2 Ofisial Persebaya Positif Covid-19

29 September 2020, 14: 26: 15 WIB | editor : Wijayanto

ES SWAB: Para penggawa Persebaya saat menjalani tes PCR beberapa waktu yang lalu.

ES SWAB: Para penggawa Persebaya saat menjalani tes PCR beberapa waktu yang lalu. (NET/PERSEBAYA.ID)

Share this      

SURABAYA – Dua hari jelang kick off lanjutan Liga 1 dan Liga 2 pada 1 Oktober, lusa, PSSI sebagai otoritas tertinggi sepakbola di tanah air kembali memutuskan untuk menunda gelaran kompetisi kasta tertinggi tersebut. Kompetisi ditunda selama satu bulan dan akan digelar pada November 2020.

Keputusan ini diumukan langsung oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dalam konferensi pers yang juga dihadiri Menpora Zainudin Amali di Kantor Kemenpora RI, Selasa (29/9). Alasan penundaan adalah sikap Polri yang memutuskan tak akan memberi izin keramaian dalam berbagai tingkatan karena situasi pandemi Covid-19 yang belum membaik.

Di tengah persiapan menyambut kembali digelarnya Liga 1-2020, tim kebanggaan arek Suroboyo, Persebaya, harus menerima kabar pahit. Enam orang anggota tim Bajul Ijo dinyatakan positif Covid-19. Hal ini berdasarkan hasil tes swab PCR kedua yang dilakukan PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang dilakukan Sabtu (26/9) dan diumumkan hasilnya, Senin (28/9).

Enam anggota tim Persebaya yang positif Covid-19 itu terdiri dari empat orang pemain dan dua ofisial. Presiden Persebaya Azrul Ananda mengatakan, mereka yang positif harus menjalani karantina mandiri dan sudah tidak diikutkan dalam sesi latihan di Stadion Jenggolo Sidoarjo, Senin (28/9).

”Apa yang kami khawatirkan lebih cepat dari dugaan. Ada enam anggota tim Persebaya yang positif,” terang Azrul sebagaimana dilansir laman Persebaya.id, Selasa (29/9). ”Syukur Alhamdulilah, kondisi mereka baik-baik saja. Kami langsung menerapkan protokol yang sesuai agar mereka segera pulih dan kondisi anggota tim lain terjaga,” lanjutnya.

Azrul menjamin keenam anggota tim yang positif tersebut akan mendapat penanganan maksimal dari manajemen supaya mereka bisa secepatnya kembali bergabung dalam tim. ”Dalam beberapa hari lagi, kami akan melakukan tes ulang. Semoga mereka segera dinyatakan pulih,” ungkapnya.

Atas kejadian ini, lanjut Azrul, Persebaya minta agar menjadi perhatian LIB bahwa ancaman Covid-19 terhadap jalannya kompetisi adalah nyata. Bukan tidak mungkin, kejadian-kejadian lain akan muncul selama kompetisi berjalan.

”Musim ini bukan musim normal. Tak hanya Persebaya, ini bisa terjadi pada siapa saja. Karena itu, semoga apa yang terjadi ini bisa menjadi pelajaran bersama,” tandasnya. (sam)

(sb/sam/jay/JPR)

 TOP