alexametrics
Kamis, 26 Nov 2020
radarsurabaya
Home > Lifestyle Surabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya

Inspirasi Busana Muslim dari Kain Tenun NTT

27 September 2020, 23: 54: 42 WIB | editor : Wijayanto

KAYA WARNA: Seorang model berpose dengan busana muslim berbahan dasar kain tenun khas dari Kabupaten Ende, NTT, karya desainer asal Surabaya, Lia Afif.

KAYA WARNA: Seorang model berpose dengan busana muslim berbahan dasar kain tenun khas dari Kabupaten Ende, NTT, karya desainer asal Surabaya, Lia Afif. (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA–Desainer busana muslim kawakan, Lia Afif, tak pernah berhenti mengeksplorasi keindahan alam Indonesia ke dalam karya desain fashionnya. Kali ini, Lia mengeksplorasi kekayaan budaya Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk diaplikasikan ke dalam karyanya.

Meski dalam kondisi pandemi, namun tidak menyurutkan Lia untuk mengeksplorasi tempat baru guna mencari peluang berikutnya dalam inovasi fashion. “Ini adalah misi saya untuk menangkap peluang. Teman-teman pengrajin (desainer, red) harus mampu menangkap dan mengeksplorasinya untuk memenuhi kebutuhan penikmat fashion,” terang Lia Afif.

Lia memadukan kain tenun khas NTT, khususnya dari Kabupaten Ende, ke dalam adi karya busana muslim. Tujuannya untuk mengangkat potensi kain tenun Indonesia Timur yang kaya akan keindahan corak dan motif. Busana yang ia angkat adalah Wastra Nusantara seperti yang dipamerkannya di galerinya, kemarin.

Dirinya memperlihatkan contoh busana muslim berbahan kain tenun khas NTT yang dinamis dan kaya warna. Menurut Lia, kain tenun dari NTT memiliki cukup banyak potensi untuk diangkat ke adi karya fashion.

Lia juga membagikan pengalamannya selama menekuni dunia fashion kepada para perajin tenun ikat. Terutama pengalamannya dalam mengembangkan fashion busana muslim. “Ini baru jadi beberapa, masih bertahap. Nanti kalau sudah semuanya beres akan kita launching satu per satu. Dan, pastinya akan diperagakan,” pungkasnya. (gin/jay)

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP