alexametrics
Sabtu, 31 Oct 2020
radarsurabaya
Home > Surabaya
icon featured
Surabaya

Sebelum Dipulangkan, Penghuni Liponsos Wajib Jalani Rapid Test

17 September 2020, 17: 05: 56 WIB | editor : Wijayanto

Penghuni Liponsos di Keputih wajib jalani tes cepat sebelum dipulangkan.

Penghuni Liponsos di Keputih wajib jalani tes cepat sebelum dipulangkan. (DOK/JAWAPOS)

Share this      

SURABAYA-Saat ini jumlah penghuni Liponsos Keputih mencapai 1.070 orang. Penghuni yang berasal dari razia di jalan terhadap gelandangan, pengemis, anak jalanan, hingga orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) tersebut saat hendak dipulangkan ke daerah masing-masing dilakukan rapid test terlebih dahulu.

Kepala UPTD Liponsos Keputih Sugianto mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan rapid test bagi penghuni liponsos. Hingga saat ini sudah ada 18 orang yang dipulangkan ke Sidoarjo, 15 orang yang dipulangkan ke Jawa Tengah hingga Jawa Barat.

"Untuk pemulangan sampai saat ini masih dilakukan. Sebelum dipulangkan ke daerah yang bersangkutan dilakukan rapid di Surabaya," katanya.
Sugianto menjelaskan, untuk yang hasilnya reaktif akan diisolasi di hotel. Sedangkan yang hasilnya non reaktif dikembalikan ke daerahnya. "Yang reaktif diisolasi di hotel, untuk penghuni Liponsos saat ini tidak ada yang reaktif," terangnya.

Dari 1.070 orang penghuni Liponsos, pihaknya memberikan budget permakanan untuk 1.100 orang, sehingga sisa budget tersebut dikembalikan ke kas daerah. "Kita menggunakan harga satuan untuk budget permakanannya. Jadi kalau sisa ya kita kembalikan, tidak diserap kembali," tegasnya.

Tiap barak mempunyai penghuni dengan jumlah yang berbeda-beda. "Tiap barak ada yang nampung 300 orang, ada yang 400 orang. Total sekarang penghuni Liponsos ada 1.070 orang," pungkasnya. (rmt/nur)

(sb/rmt/jay/JPR)

 TOP