alexametrics
Minggu, 20 Sep 2020
radarsurabaya
Home > Hukum & Kriminal Surabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Nyaru Jadi Pembeli, Sembunyi di Kamar, Bobol Toko dan Bongkar Brankas

15 September 2020, 16: 45: 52 WIB | editor : Wijayanto

PENGALAMAN: Tersangka Beni Nomleni diamankan bersama barang bukti pembobolan toko di Polsek Kenjeran.

PENGALAMAN: Tersangka Beni Nomleni diamankan bersama barang bukti pembobolan toko di Polsek Kenjeran. (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA-Bobol toko dua kali, Beni Nomleni, 24, tinggal di Bulak Rukem Timur, Kenjeran, akhirnya ditangkap. Tersangka melancarkan aksi keduanya di Toko Largo di Perumahan Pantai Mentari, Kenjeran, Surabaya.

Kejadian pembobolan toko kebutuhan pokok itu pertama kali dilakukan tersangka pada Maret 2020. Saat itu, ia masuk toko dengan cara memanjat pagar, kemudian masuk melalui jendela toko. Lalu membuka brankas dengan cara menggergaji gembok brankas dan mengambil uang.

 "Aksi pertama, tersangka berhasil mengambil Rp 32,5 juta dan rokok," kata Kapolsek Kenjeran Kompol Esti Setya Oetami.

Kemudian tersangka mencoba membobol dengan modus yang sama. Namun, dua kali aksinya gagal. Hingga aksinya yang keempat, tersangka masuk ke dalam dengan cara pura-pura membeli di toko tersebut.

Saat karyawan toko lengah ia masuk ke dalam salah satu kamar di lantai dua. Tersangka menunggu toko tutup. Kemudian ia turun. "Tersangka kembali membuka brankas dan mengambil uang Rp 5 juta," ujar Esti.

Pemilik toko Bing Hendrata, 63, melaporkan tindak pencurian ini ke Polsek Kenjeran. Juga ada kejadian pencurian tempat kucing menimpa tetangganya. Kejadian itu terekam CCTV.

Nah, ternyata tersangka adalah karyawannya sendiri. Korban yang tahu tetangganya mengalami pencurian mengungkapkan pernah menjadi korban juga. "Ternyata tersangkanya sama. Kaos yang digunakan sama dengan yang terekam waktu mencuri uang di brankas," jelasnya.

Polisi akhirnya bergerak dan menangkap tersangka. Ia mengakui perbuatannya. Ia juga menceritakan sempat bersembunyi dulu di kamar di dalam toko tersebut. Sementara uangnya sudah habis digunakan membeli barang elektronik seperti lemari es dan perkakas lainnya. (gun/rek)

(sb/gun/jay/JPR)

 TOP