alexametrics
Minggu, 20 Sep 2020
radarsurabaya
Home > Lifestyle Surabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya

Sanggul Rambut untuk Wisuda, Messy Cocok untuk Anak Muda

15 September 2020, 16: 31: 45 WIB | editor : Wijayanto

TREN SANGGUL: Hair Stylist asal Surabaya Rumawan (dua dari kiri) memberikan instruksi kepada para peserta kelas menata sanggul di kawasan Semolowaru.

TREN SANGGUL: Hair Stylist asal Surabaya Rumawan (dua dari kiri) memberikan instruksi kepada para peserta kelas menata sanggul di kawasan Semolowaru. (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA–Para mahasiswi yang masih bingung menata rambut sanggul untuk wisuda tidak perlu bingung, Coach dari Hair Style Community (HSC) sekaligus owner salah satu salon di Surabaya Timur Rumawan Fadly memberikan tiga tips mudah mengenakan sanggul ketika akan wisuda.

Rumawan mengatakan, tren sanggul wisuda yang paling banyak digemari memiliki kesan messy dan tidak terlalu rapi dalam penataannya. “Karena model sanggul rambut yang rapi tidak cocok digunakan untuk remaja karena memiliki tampilan sedikit tua. Oleh karenanya yang perlu diperhatikan adalah tekniknya,” ujar Rumawan.

Teknik dasar yang perlu dilakukan yaitu penghalusan, sasak rambut, pilin satu dan dua, dan kepang tiga. Yang paling penting sebelum melakukan penyanggulan rambut adalah, menganalisa jenis rambut dan parting. “Tak kalah penting adalah cara penyasakan, karena itu penting sekali. Kalau sasakannya tidak bagus, maka sanggulnya tidak akan rapi,” jelasnya.

Menata model rambut wisuda tidak terlalu susah, salah satunya dengan teknik braided updo atau sanggul kepang. Ikat rambut jadi ponytail pakai karet rambut. Pastikan ikat rambutnya longgar dan buat lubang di tengah ponytail lalu masukkan ujung ponytail ke arah dalam.

“Tarik ke dalam lalu bagi jadi tiga jalinan sama besar. Kepang rambut dengan teknik three strands braid sampai ujung lalu ikat dengan karet. Gulung kepang ke atas membentuk cepol. Masukkan semua rambut yang menjuntai keluar dan jepit dengan bobby pins. Amankan cepol dengan bobby pins. Semprotkan hairspray secukupnya,” pungkasnya. (gin/nur)

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP