alexametrics
Minggu, 20 Sep 2020
radarsurabaya
Home > Lifestyle Surabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya

Pakai Face Shield Saja Kurang Efektif Cegah Virus Corona

15 September 2020, 15: 29: 51 WIB | editor : Wijayanto

KURANG EFEKTIF: Penggunaan face shield tak serta merta bisa melindungi diri dari paparan virus corona.

KURANG EFEKTIF: Penggunaan face shield tak serta merta bisa melindungi diri dari paparan virus corona. (NET)

Share this      

SURABAYA – Pemakaian face shield (pelindung wajah) bisa tertular virus Corona (Covid-19). Itu bisa terjadi ketika seseorang kurang tepat dalam memakai protokol kesehatan. Dokter umum RS Adi Husada Undaan Wetan (RSAH) Surabaya dr. Lili Soetjipto mengatakan, pemakaian face shield kurang efektif mencegah virus masuk.

Sebaiknya penggunaan alat pelindung diri (APD) tidak hanya menggunakan face shield saja, kemudian ditambah dengan masker untuk melindungi bagian hidung dan mulut. “Karena face shield itu melindungi agar mata kita tidak terkena virus. Jadi jangan Cuma pakai face shield saja kalau di luar rumah,” kata Lili.

Selain itu, fungsi face shield juga melindungi mata dari paparan droplet dari orang lain. Begitu juga untuk mencegah kita agar tidak mengucek bagian mata. “Jadi secara nggak langsung mata kita akan terhindar dari virus, karena terhalang face shield. Begitu juga droplet yang masuk,” ujarnya.

Memang, lanjut Lili, kalau tidak bertemu orang banyak dengan jarak dekat, boleh tidak menggunakan face shield. Akan tetapi, jika berada dalam keadaan dekat dengan seseorang bisa menggunakan face shield dan masker. “Sebenarnya prinsip di tengah pandemi ini jangan terlalu takut dengan corona, tapi tetap waspada,” pungkasnya. (gin/nur)

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP