alexametrics
Minggu, 20 Sep 2020
radarsurabaya
Home > Sportainment Surabaya
icon featured
Sportainment Surabaya

KONI Jatim Berharap Ada Sport City untuk Pembentukan Atlet

11 September 2020, 08: 37: 01 WIB | editor : Wijayanto

HAORNAS: Gubernur Khofifah bersama para atlet dalam peringatan Hari Olahraga Nasional di Gedung Grahadi.

HAORNAS: Gubernur Khofifah bersama para atlet dalam peringatan Hari Olahraga Nasional di Gedung Grahadi. (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA– Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Ketua KONI Jatim dan atlet Puslatda Jatim mengikuti peringatan ke-37 Hari Olahraga Nasional (Haornas) secara virtual bersama Presiden Joko Widodo di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (9/9) malam.

Sebagai gudangnya atlet, Presiden Jokowi berharap ada terobosan baru dalam mencetak atlet-atlet berprestasi. Tidak hanya tingkat nasional, tapi internasional.

Presiden Jokowi berharap peringatan Haornas tahun ini menjadi momen penting bagi Indonesia dalam membuat terobosan baru untuk mengembangkan seluruh potensi yang ada. Mulai dari atlet berprestasi, pengembangan potensi wisata, sampai ekonomi.

Menurut dia, pandemi Covid-19 tidak memungkinkan untuk menggelar kegiatan olahraga dengan massa besar. “Namun, kondisi ini harus menjadi langkah untuk membuat terobosan baru dalam mencetak atlet-atlet berprestasi. Tidak hanya tingkat nasional tapi internasional,” katanya.

Sementara itu, Ketua KONI Jatim Erlangga Satriagung mengatakan, apa yang disampaikan Presiden Jokowi sangat benar. Sekarang ini adalah waktu yang tepat untuk memulai kembali bagaimana merancang atlet berprestasi. “Tak hanya berprestasi tapi juga memiliki karakter seorang atlet,” ujarnya.

Erlangga berharap Pemprov Jatim dapat mewujudkan impian agar ada sport city di Jatim sebagai pusat pembentukan atlet. Apalagi, Jatim sudah menerapkan sport science dalam membentuk atlet berprestasi. “Sejak lama Jatim telah menerapkan sport science dalam membentuk atlet dengan mengutamakan beberapa pilar yakni kesehatan, fisik, psikologi, dan biomekanik. Pembentukan atlet, ini dirancang tak asal-asalan, tapi dengan pemantauan yang ketat,” paparnya.

Terpisah, Ketua Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Jatim Suparman akan menggelar Jatim Senang Gerak (Seger). Kegiatan yang digelar selama bulan September ini mengajak warga untuk semangat gerak di tengah pandemi Covid-19.

 “Jatim Seger merupakan gerakan Jatim Sehat yang diprakarsai oleh Gubernur Jatim Ibu Khofifah Indar Parawansa. Tujuan kegiatan ini menumbuhkan masyarakat sehat dan sekaligus memutus mata rantai virus Covid-19," katanya. 

Selain membangun perilaku sehat dan bugar, juga mengajak masyarakat untuk aktif bergerak saat pandemi Covid-19. (mus/rek)

(sb/mus/jay/JPR)

 TOP