alexametrics
Sabtu, 31 Oct 2020
radarsurabaya
Home > Lifestyle Surabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya

Proses Melahirkan Caesar Tak Pengaruhi Imunitas Bayi

08 September 2020, 02: 00: 59 WIB | editor : Wijayanto

Ilustrasi

Ilustrasi (NET/SHUTTERSTOCK)

Share this      

SURABAYA - Proses melahirkan melalui caesar dapat mempengaruhi imunitas bayi, kabar adanya penelitian tersebut sempat viral di sosial media beberapa hari lalu. Akan tetapi, hal ini tidak dibenarkan oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan RS Adi Husada Undaan (RSHU) Wetan dr. Sonny Iwan Santoso Sp. Og. 

Saat dikonfirmasi melalui telepon, dr Sonny mengatakan, masalah imunitas tidak berpengaruh dari proses persalinan terhadap bayi. Namun soal adanya penelitian tersebut dr. Sonny membenarkannya. 

“Tidak benar. Memang benar ada penelitian itu dan pengaruh juga, tapi tidak murni seperti itu (melahirkan caesar, Red). Karena setelah lahir bayi akan dilakukan pemberian ASI (air susu ibu, Red) dan nutrisi lainnya,” ujar Sonny, Senin (7/9).

Sonny juga menjelaskan, melalui proses persalinan caesar bisa jadi berdampak pada imunitas bayi. Di sisi lain, proses melahirkan secara normal juga tidak bisa dipaksakan pada setiap ibu yang akan melahirkan. 

“Bukan kemungkinan kecil terjadi, tapi memang penelitian tersebut benar. Tapi kan pasien juga tidak bisa dipaksakan untuk lahiran normal cuma karena hal tersebut,” ucap Sonny. 

Sonny meyakinkan, pasien ibu hamil yang akan melahirkan dengan cara caesar tidak perlu khawatir. Karena, selama ibu memberikan ASI, nutrisi, dan menempatkan pada lingkungan yang baik, tidak akan mempengaruhi imunitas bayi yang dilahirkan secara caesar. 

“Kalau imunitas tidak pengaruh. Imunitas loh ya. Karena imun itu sistem kekebalan tubuh, tapi kalau kondisi kesehatan ibu itu berpengaruh ke kondisi bayi yang akan dilahirkan,” pungkasnya. (gin/nur)

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP