alexametrics
Sabtu, 31 Oct 2020
radarsurabaya
Home > Lifestyle Surabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya

Sunscreen untuk Cegah Belang di Kulit Wajah

25 Agustus 2020, 16: 49: 23 WIB | editor : Wijayanto

TABIR SURYA: Penggunaan sunscreen 30 menit sebelum keluar rumah sangat disarankan untuk menghindari belang pada kulit wajah.

TABIR SURYA: Penggunaan sunscreen 30 menit sebelum keluar rumah sangat disarankan untuk menghindari belang pada kulit wajah. (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA- Mengenakan masker dalam jangka waktu yang lama, apalagi di tengah terik matahari bisa membuat kulit wajah terlihat belang. Seperti pada bagian yang tidak tertutup masker, yakni dahi sampai bawah mata akan cenderung lebih gelap.

Di sisi lain, masker memang tak boleh dilepaskan. Menurut dokter kecantikan dr Cristopher MKes AAAM AIFO-K, hal ini bisa terjadi jika tidak mengoleskan tabir surya.

"Untuk mencegah belang, harus memakai sunscreen atau tabir surya. Ini juga tidak boleh sembarangan, harus memilih SPF yang sesuai. SPF 20 misalnya, hanya bisa melindungi selama 200 menit. Setelah itu harus dioleskan lagi," ujar Cristopher.

Cara memakainya pun tidak boleh sembarangan,  agar tabir surya bisa melindungi secara sempurna. Cristopher menyarankan untuk mengoleskannya harus merata ke seluruh wajah 30 menit sebelum beraktivitas.

"Meskipun beraktivitas di dalam ruangan, harus tetap memakai sunscreen. Karena sinar matahari juga masih bisa masuk ke dalam ruangan. Tetap ada celah sinar matahari mengiritasi kulit, meski tidak parah. Kalau ingin lebih aman, bisa sedia payung atau topi," urainya.

Jika wajah sudah terlanjur belang karena tidak rutin mengoleskan tabir surya, maka ia menyarankan untuk melakukan perawatan khusus. "Kalau terlanjur belang, biasanya kulit sudah mengalami iritasi. Jika terbakar, otomatis harus diredakan terlebih dahulu menggunakan krim anti iritasi," imbuhnya.

Hal itu harus diimbangi dengan memakai krim pelembab atau moisturizer. Lebih baik jika merawat kulit wajah dengan facial atau treatment lain di klinik kecantikan. “Untuk perawatannya, bisa menggunakan laser ablatif untuk membentuk sel kulit baru yang lebih sehat,” tandasnya. (gin/nur)

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP