alexametrics
Minggu, 20 Sep 2020
radarsurabaya
Home > Sidoarjo
icon featured
Sidoarjo

Dosen UMAHA Sidoarjo Bantu Kembangkan Sirup Markisa di Desa Jatikalang

14 Agustus 2020, 06: 24: 33 WIB | editor : Wijayanto

Foto Bersama Tim Pengabdian Masyarakat UMAHA Sidoarjo Bersama Mitra PKM.

Foto Bersama Tim Pengabdian Masyarakat UMAHA Sidoarjo Bersama Mitra PKM. (ISTIMEWA)

Share this      

SIDOARJO-Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Maarif Hasyim Latif (UMAHA) Sidoarjo melaksanakan program PKM Sirup Markisa di Desa Jatikalang, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo. PKM tersebut dibiayai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek)/Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Pada Tahun 2020 ini, UMAHA Sidoarjo berhasil memenangkan hibah pengabdian kepada masyarakat skema PKM untuk tim kelompok yang beranggotakan Bapak Khoirul Ngibad, S.Si., M.Si (Dosen D3 Teknologi Laboratorium Medik), Bapak Nambi Sembilu S.Kom, M.Kom (Dosen S1 Teknik Informatika), dan Bapak Ir Subagyo S.T, M.T (Dosen S1 Teknik Mesin). Selain itu, pelaksanaan PKM tersebut juga melibatkan mahasiswa S1 Desain Komunikasi Visual yakni Muhamad Agung Laksono dan mahasiswa Program S1 Manajemen, Khotmil Ula.

Tim pengabdian kepada masyarakat sedang memberikan materi pelatihan pembuatan logo dan desain label produk.

Tim pengabdian kepada masyarakat sedang memberikan materi pelatihan pembuatan logo dan desain label produk. (ISTIMEWA)

Mitra dalam PKM ini adalah salah satu usaha yang bergerak dalam pembuatan sirup markisa. Lokasi usaha tersebut berada di Jalan RT. 01 RW.03 Dusun Jatisari, Desa Jatikalang, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo.

“Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pembuatan logo dan pelabelan produk sirup markisa untuk meningkatkan daya tarik konsumen. Selain itu, PKM ini juga memberikan pelatihan dan pendampingan dalam pemasaran produk sirup markisa melalui digital marketing yang meliputi website, fanspage, youtube dan instagram,” ujar Khoirul Ngibad, ketua tim PKM.

Tim pengabdian kepada masyarakat sedang memberikan materi pelatihan pembuatan logo dan desain label produk.

Tim pengabdian kepada masyarakat sedang memberikan materi pelatihan pembuatan logo dan desain label produk. (ISTIMEWA)

Khoirul Ngibad juga menambahkan bahwasanya program PKM ini masih akan dilanjutkan dengan program penyuluhan tentang pentingnya aspek higienitas dalam produksi sirup markisa. Selain itu, juga akan ada penyerahan mesin pulper markisa.

Tim pengabdian kepada masyarakat sedang memberikan materi pelatihan digital marketing.

Tim pengabdian kepada masyarakat sedang memberikan materi pelatihan digital marketing. (ISTIMEWA)

Penyerahan mesin kepada mitra ini diharapkan akan mempermudah mitra dalam produksi, yaitu dengan memanfaatkan teknologi dalam proses produksi sehingga mampu meningkatkan jumlah produk dan kapasitas produksi. (*)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP