alexametrics
Minggu, 20 Sep 2020
radarsurabaya
Home > Surabaya
icon featured
Surabaya

Pandemi Covid-19, Tes SKB CPNS Digelar di Tempat Asal Peserta

13 Agustus 2020, 16: 39: 23 WIB | editor : Wijayanto

Kepala BKD Jatim Nurkholis

Kepala BKD Jatim Nurkholis (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA–Seleksi kompetensi bidang (SKB) bagi calon pegawai negeri sipil (CPNS) bakal segera digelar. Namun, ada perubahan mekanisme pelaksanaannya gegara pandemi Covid-19.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Timur Nurkholis mengatakan, peserta diminta melakukan pemilihan lokasi tes untuk pemetaan lokasi. Sistem itu diharapakan dapat mengurangi pergerakan peserta dari luar daerah maupun luar provinsi. “Misalnya, pelamar CPNS Pemprov Jatim dari Kalimantan tidak perlu datang ke Jatim untuk SKB,” ujar Nurkholis.

Mantan Kepala Biro Organisasi Setdaprov Jatim mengatakan, sebanyak 4.778 peserta yang berhak mengikuti SKB. Namun, hanya 4.658 yang menentukan lokasi. Sebanyak 120 peserta lainnya tidak menentukan lokasi. Meski demikian, sesuai keputusan panselnas, peserta yang tidak menentukan lokasi SKB tetap bisa mengikuti tes.

“Artinya, mereka bisa memilih akan ujian di kantor regional BKN yang terdekat dengan wilayahnya. Atau bisa juga ke datang ke Jatim,” katanya.

Nurkholis menambahkan, mekanisme ini berbeda dengan tahun lalu yang mewajibkan peserta untuk datang ke lokasi ujian sesuai tujuan mereka melamar CPNS. Tujuan pendaftaran lokasi ini agar peserta bisa mengikuti ujian di dekat tempat tinggalnya.

“Untuk Jatim, bagi peserta yang tidak menentukan lokasi, akan ditentukan secara otomatis sesuai dengan lokasi SKD di masing-masing instansi. Sedangkan Pemprov Jatim, pelaksanaan SKB akan dilakukan di Kantor Regional II BKN Wilayah Surabaya,” jelasnya.

Nurkholis mengatakan, pelaksanaan SKB mengunakan protokol Covid-19 dan membutuhkan waktu lebih lama. Pasalnya, dalam sehari tes dilakukan oleh 300 peserta yang dibagi menjadi tiga gelombang.

“Makanya, dibuat waktu agak panjang mulai September sampai Oktober. Lama karena kapasitas tempatnya cuma sedikit,” tuturnya.

Jadwal SKB telah ditetapkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) melalui surat edaran Nomor B/611/M.SM.0100/2020. Dalam edaran tersebut dijelaskan bahwa SKB dilaksanakan dengan metode computer assisted test (CAT) pada September–Oktober.

SKB tambahan diatur oleh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah juga pada kurun waktu September–Oktober. Pengumuman dilakukan pada akhir Oktober 2020. (mus/rek)

(sb/mus/jay/JPR)

 TOP