alexametrics
Minggu, 20 Sep 2020
radarsurabaya
Home > Lifestyle Surabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya

Waspadai Gejala Subjektif dan Objektif saat Olahraga

10 Agustus 2020, 09: 21: 04 WIB | editor : Wijayanto

NO DEHIDRASI: Minum air secukupnya bisa memulihkan kesegaran usai berolahraga.

NO DEHIDRASI: Minum air secukupnya bisa memulihkan kesegaran usai berolahraga. (NET)

Share this      

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika sedang berolahraga di rumah saat pandemi Covid-19. Selain memperhatikan gerakan tubuh agar tak mudah lelah, juga harus memperhatikan asupan makanan dan menjaga kebersihan di rumah.

Ginanjar Elyas Saputra-Wartawan Radar Surabaya

YANG pertama adalah menjaga kestabilan tubuh, ketika tubuh mengalami gejala subjektif seperti sesak napas, pusing, berdebar, keringat dingin dan mengalami gejala objektif yaitu tensi ada di angka 180/100, denyut nadi tidak teratur dan kadar oksigen kurang dari 90 sebaiknya hentikan segera kegiatan olahraga.

“Kegiatan olahraga sebaiknya dihentikan sejenak. Segera cukupi asupan cairan tubuh dengan meminum air mineral,” kata Dokter spesialis Fisik dan Rehabilitasi Rumah Sakit Adi Husada (RSAH) Undaan Wetan, Surabaya, dr RR Anasthasia Tri, SpKFR.

Menurut Anasthasia, selama wabah pandemi diwajibkan meminum air putih setidaknya 1,5 hingga 2 liter per hari. Disamping itu diimbangi dengan meminum vitamin C 1000mg untuk menjaga daya tahan tubuh.

“Tidak lupa juga saat akan berolahraga di rumah sembari berjemur, tidur secukupnya minimal tujuh sampai delapan jam per hari dan mencuci tangan,” ucapnya.

Berjemur yang baik, lanjut Anasthasia, yakni pada pukul 08.00 sampai 10.00 atau 15.00 hingga 16.00 selama 15 menit perhari. Ada juga beberapa hal lain yang perlu dilakukan, yaitu menggunakan pakaian yang dapat menyerap keringat agar tubuh tidak mudah dehidrasi.

“Juga tidak lupa pakai masker, tetap jaga jarak, dan menjaga kesehatan meskipun olahraga di dalam rumah,” tuturnya. (*/rak)

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP