alexametrics
Minggu, 20 Sep 2020
radarsurabaya
Home > Sportainment Surabaya
icon featured
Sportainment Surabaya

FIFA Minta Laporan Progress Tiap Minggu, Renovasi Stadion GBT Dikebut

06 Agustus 2020, 14: 57: 40 WIB | editor : Wijayanto

DIKEBUT: Pekerja melakukan pengecatan tribun di Stadion Gelora Bung Tomo untuk menyambut Piala Dunia U-20.

DIKEBUT: Pekerja melakukan pengecatan tribun di Stadion Gelora Bung Tomo untuk menyambut Piala Dunia U-20. (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA-Pengerjaan renovasi Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) terus dikebut menjelang perhelatan akbar Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang. Salah satu pengerjaan yang saat ini dikerjakan yakni pengecatan tribun sebelum dipasang kursi (single seat).

Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Kota Surabaya Iman Krestian mengatakan, saat ini yang dikerjakan yakni pengecatan tribun sebelum dipasangi kursi.

"Rencana pemasangan kursi single seat yang akan mengitari bangku penonton, pemasangan lampu stadion, perbaikan beberapa ruangan yang dibutuhkan atau yang diminta FIFA (Federasi Sepak Bola Internasional, Red)," katanya.

Selain itu, akses menuju GBT juga terus dikebut, bahkan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya meminta bantuan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta Kementerian PU. "Kami minta bantuan ke Kementerian PU dan Kemenpora untuk membangun tiga lapangan latihan itu. Semoga aja disetujui oleh mereka (PU dan Kemenpora, Red)," terangnya.

Bahkan menurutnya, beberapa jajaran pengurus Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) meninjau langsung perbaikan atau renovasi Stadion Gelora Bung Tomo yang terus dikebut oleh Pemkot Surabaya. "Kita menggelar rapat juga dan pengurus PSSI menyerahkan bantuan masker dan hand sanitizer untuk para pekerja di Stadion GBT," katanya.

Pengurus PSSI pusat  juga akan melaporkan progres renovasi GBT ke FIFA, oleh karenanya PSSI langsung meninjau satu per-satu persiapan dan perbaikan infrastruktur yang dilakukan pemkot di GBT. Mereka memulai tinjauannya itu dari sisi depan hingga masuk ke berbagai ruangan. 

Deputi Sekretaris Jenderal PSSI Dessy Arfianto mengatakan, tugas PSSI melaporkan progress yang ada sampai saat ini. Sebab, setiap Minggu FIFA meminta report progress secara keseluruhan, baik progress persiapan infrastruktur, bahkan terkait dengan kondisi pandemi di Indonesia.

“Jadi, setiap minggu itu FIFA minta laporan kepada kami, tidak hanya soal stadion, tapi juga kondisi Indonesia di tengah pandemi ini. Mereka ingin tahu kondisi Indonesia,” kata Dessy di sela-sela meninjau perbaikan Stadion GBT.

Dessy menambahkan, FIFA saat ini belum bisa datang ke Indonesia dikarenakan pandemi Covid-19. “Makanya mereka meminta bantuan kami untuk memberikan report-nya secara detail,” imbuhnya.

Dessy juga menjelaskan hasil pantauan dan beberapa perbaikan yang harus dilakukan. Karenanya FIFA langsung meminta untuk dicocokan progress tiap bagian di GBT. “Jadi, kebetulan di GBT ini banyak sekali ruangannya dan sangat luas. Alhamdulillah tidak ada kendala yang berarti yang harus diperbaiki,” pungkasnya. (rmt/nur)

(sb/rmt/jay/JPR)

 TOP